Gempa Pandeglang Mirip Kejadian 2011

Lokasi gempa Pandegelang
Sumber :

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa pada Minggu dini hari tadi, sekitar pukul 02:26:39 WIB terjadi gempa di 95 kilometer barat daya Kabupaten Pandeglang, Banten atau selatan Ujung Kulon dengan kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, gempa yang terjadi di ujung utara itu timbul dari bidang kontak dari lempeng Indo-Australia dengan Pulau Jawa dan merupakan gempa subduksi.

Dia menyatakan bahwa berdasarkan analisis para pakar gempa bumi Institut Teknologi Bandung, gempa yang terjadi di Pandeglang itu mirip dengan kejadian 2011, yang telah beberapa kali juga terjadi gempa yaitu pada 12 Januari 2011 dan 30 Desember 2011.

"Cirinya, terlihat dari arah jurusan gempa yang di atas 300 derajat kedalaman lebih dari 40 km dan mekanismenya sesar naik (thrust)," kata dia saat dihubungi VIVAnews melalui telepon selulernya, Minggu 15 April 2012.
 
Gempa-gempa ini, dia menambahkan, membuktikan bahwa subduksi di Selat Sunda secara tektonik aktif dan adanya daerah kekosongan kegempaan (seismic gap) di bagian barat dayanya (Selat Sunda), yang berpotensi menghasilkan bencana kembali di masa depan.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

"Maka itu, masyarakat diwajibkan untuk terus waspada," tuturnya.

Sementara itu, Sutopo mengatakan bahwa hingga pukul 08.15 WIB, belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang terjadi Minggu dini hari tadi. (art)

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024