Gempa, Peserta UN Berhamburan ke Luar Kelas

Kepanikan gempa di pulau Sumatra
Sumber :
  • ANTARA/ Maril Gafur

VIVAnews – Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter yang mengguncang wilayah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pukul 10.17 WITA, Senin 16 April 2012 ini membuat ratusan peserta Ujian Nasional di daerah tersebut berhamburan ke luar dari ruang kelas mereka.

Guncangan gempa itu sempat menimbulkan kepanikan di sejumlah sekolah yang sedang menggelar Ujian Nasional. Di SMA Negeri 1 Malili, misalnya, murid-murid yang awalnya sedang berkonsentrasi mengikuti UN langsung menghambur dari kelas menuju lapangan.
 
“Mereka menuju tanah lapang. Yang di lantai dua berlarian keluar dan langsung turun ke tanah lapang karena khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” kata Nawir, salah satu pemantau UN di Malili. Pemantau dan pengawas UN, tak pelak ikut penyelamatkan diri bersama murid-murid mereka.

“Guncangan gempa terasa sekitar 10 detik, namun sempat menghentikan proses UN,” tambah Nawir. Setelah guncangan berhenti dan kondisi diperkirakan aman, para siswa lantas kembali mengerjakan soal UN di sisa waktu yang tersedia.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa terjadi pada 2,59 Lintang Selatan dan 121.85 Bujur Timur, atau sekitar 82 kilometer Tenggara Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dengan kedalaman 10 kilometer.  (umi)

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Piala Asia U-23 Pakai Head to Head atau Selisih Gol? Ini Syarat Timnas Indonesia ke Perempat Final

Timnas Indonesia U-23 selangkah lagi bakal menciptakan sejarah lolos ke perempat final Piala Asia U 23 2024. Garuda Muda bakal melakoni penentu melawan Timnas Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024