Menpan: 50 Persen PNS Tak Kompeten

Seleksi calon PNS
Sumber :
  • depag.go.id

VIVAnews – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, menegaskan 50 persen pegawai negeri sipil di seluruh Indonesia tak berkompeten.

“Jumlah PNS seluruhnya ada 4 juta. Dari jumlah itu, hanya 50 persen saja yang memiliki kompetensi tertentu. Sisanya tak memiliki kompetensi di bidangnya. Masih sangat kurang,” kata Azwar di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat 20 April 2012.

Ke depannya, kata dia, pembina PNS adalah sekretaris daerah. Ini untuk meminimalisasi keterlibatan PNS dalam ranah politik saat pemilukada. “Sekda bukan pejabat politik. Kita atur yang bagus, jangan jadi dua matahari. Sekda mengatur PNS dengan tertib, adil,” katanya.

Jika pembina PNS di bawah kendali sekda, maka campur tangan pihak berkepentingan saat rekrutmen PNS bisa diminimalisasi. “Kalau melalui asistensi dalam setiap perekrutan, campur tangan petinggi menjadi kurang,” katanya. “Soal kinerja PNS yang memburuk, kami sudah melatih empat ribu orang PNS.”

Untuk meningkatkan kapasitas dan ketepatan kompetensi PNS, Kementerian  tetap akan melibatkan perguruan tinggi. Soal pengawasan, kata dia, tak perlu melibatkan Komisi Pemberantas Korupsi. “Cukup diawasi ICW dan teman-teman. Kita jamin itu,” ujar Azwar.

Sementara itu, tahun ini kementerian akan merekut 60 ribu PNS. Itu kuota yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan daerah. Soal klasifikasinya, Azwar menjelaskan PNS yang akan diserap untuk dokter, perawat dan guru.

“Untuk guru, guru apa, di mana, kan harus jelas. Kita tunggu saja. Kita tidak perlu menerima orang yang mencari kerja di PNS. Tapi menerima yang berkompeten di bidangnya,” ujar Azwar. (umi)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024