Gempa 6,8 SR Guncang Papua Barat

Peta gempa Kaimana, Papua Barat
Sumber :
  • geofon.gfz-potsdam.de

VIVAnews – Gempa kembali mengguncang bumi Indonesia pagi ini, Sabtu 21 April 2012. Setelah Aceh digoyang 4 gempa berturut-turut, Papua Barat juga digoyang gempa berkekuatan 6,8 Skala Ritcher.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) DR. Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, gempa terjadi pada pukul 08.16 WIB dengan lokasi di titik 1.58 Lintang Selatan dan 134.41 Bujur Timur, atau 88 kilometer tenggara Manokwari, Papua Barat.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Sampai saat ini Posko BNPB masih mencari tahu dampak gempa tersebut. "Kami masih mengkonfirmasi dampaknya," kata Sutopo dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Simeulue tenang

Sementara itu warga Kabupaten Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam, yang juga digoyang gempa 4 kali berturut-turut berkekuatan 5,1 SR, 5,6 SR, 5,9 SR, dan 6,5 SR, sampai saat ini tetap tenang dan menjalani aktivitas mereka seperti biasa.

Keempat gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan situasi Simeulue sepenuhnya normal. Sejak gempa besar 8,5 SR pada 11 April 2012, Aceh telah digoyang lebih dari 100 kali gempa susulan dengan intensitas bervariasi.

Posko BNPB, kata Sutopo, terus memonitor 24 jam perkembangan gempa di tanah air dari hari ke hari.

Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Kedutaan Besar Jepang membuka tawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024