NASIONAL

Ini Penyebab Kantuk di Pagi Hari

Penuhi kadar zat besi untuk melawan kantuk pagi hari.
Senin, 23 April 2012
Oleh : Wuri Handayani
Lawan kantuk dengan menambahkan suplemen zat besi.

VIVAnews- Apakah Anda masih harus berjuang untuk melawan kantuk di pagi hari? meskipun jam tidur selama 8 jam sudah terpenuhi. Kemungkinan ini terjadi karena kelelahan pada siang harinya, stress, atau juga emosi yang kurang terkendali.

Tapi bagaimana dengan Anda yang hanya duduk seharian di kantor, tapi keesokan harinya tetap tidak dapat bangun dengan segar? Anda memang tidak melakukan aktifitas fisik yang berarti, namun ada kesalahan yang terjadi dalam mekanisme tubuh Anda.

Seperti di lansir dari ivillage, kekurangan zat besi adalah faktor pemicu rasa kantuk di pagi hari. Sebagian besar wanita mengalami kekurangan kadar zat besi dalam tubuh. Bahkan 91% perempuan di Inggris dengan rentang usia 16 hingga 64 tahun mengalami hal ini karena program diet yang dijalankan.

Kurangnya kadar zat besi menjadi penyebab kelelahan dan penurunan kemampuan dan konsentrasi. Grafik ini akan terus meningkat menjelang sore hari. Untuk menyeimbangkan kadar  zat besi, sesekali Anda boleh mengganti makan malam Anda dengan menu steak. Berikut tips dari Oliver Gray, pendiri Energise You, sebuah perusahaan yang berkonsentrasi dalam bidang kesehatan. "Melalui beberapa tips ini, Anda dapat membantu mengembalikan energi pada pagi hari."

1. Untuk menu makan siang dan malam, Anda dapat mengkonsumsi dengan porsi seperti biasanya. Hanya saja, tambahkan snack atau makanan kecil pada pertengahan pagi dan sore hari sebagai untuk tambahan energi. Proses pengolahan sarapan pagi menjadi energi hanya cukup hingga pertengahan siang, tidak sampai siang dimana Anda biasanya kembali mengisinya pada jam istirahat siang.

2. Pada menu makanan, suka atau tidak suka, sebaikanya Anda menyelipkan sumber karbohidrat , misalnya buah, sayuran, coklat, dan sumber protein. Makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat meningkatkan energi, akan tetapi pilih yang mengandung lemak baik seperti ikan, kacang- kacangan, atau minyak zaitun pada salad dan tumisan.

3. Jika biasanya Anda hanya mengkonsumsi sayur  dan buah dalam porsi sedikit, mulai sekarang Anda wajib menambahkan porsinya.

4. Kurangnya air dalam tubuh pun menjadi pemicu rasa kantuk dan lelah. Air sangat dibutuhkan untuk penyerapan makanan dalam tubuh, untuk itu penuhi kebutuhan air dengan menyediakan minuman 1 hingga 2 liter setiap harinya.

5. Tambahkan suplemen zat besi, jika Anda merasa masih kurang. Juga vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dengan baik. Suplemen penambah zat besi dalam bentuk cair ataupun tablet ini tidak akan menimbulkan gangguan pada lambung.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found