NASIONAL

Sehari Tanpa Nasi, Walikota Depok Raih Rekor

Program Nur Mahmudi Ismail itu memecahkan rekor MURI Dunia.

ddd
Senin, 23 April 2012, 10:40 Anggi Kusumadewi
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail (VivaNews/ Nurlis Meuko)

VIVAnews – Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail memecahkan rekor MURI Dunia dengan acara One Day No Rice atau Sehari Tanpa Nasi. Ia dijadwalkan menerima penghargaan atas rekor yang diraihnya itu di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin 23 April 2012.

Acara ‘Sehari Tanpa Nasi’ kemarin digelar di Lapangan Tembak Kostrad Cilodong, Depok, dan diikuti oleh lebih dari 24.000 pelajar SD, SMP, SMA, SMK, guru, pegawai Pemerintah Kota Depok, dan masyarakat umum di Depok. Kegiatan tersebut selain untuk mempromosikan pangan pengganti nasi sebagai makanan sehari-hari warga Depok, juga untuk memeriahkan hari jadi Kota Depok ke-13.

“Rekor MURI-nya sudah pecah, bahkan kami meraih rekor internasional. Hari ini Pak Walikota Nur Mahmudi akan menerima anugerah rekor MURI di kantor Kemendikbud, Sudirman, Jakarta,” kata Humas Pemkot Depok De Rico Widodo kepada VIVAnews.

Acara ‘Sehari Tanpa Nasi’ yang berlangsung kemarin sempat diwarnai dengan pingsannya sekitar 11 orang siswa. Rico menjelaskan, para siswa yang pingsan itu ditangani tim medis yang telah disiagakan pada acara dihadiri puluhan ribu orang itu.

“Setelah dicek tim medis, ternyata mereka memang belum sarapan saat hendak berangkat ke acara itu,” ujar Rico. Ketika pihaknya memantau kondisi para siswa itu di sekolah mereka sembari memantau Ujian Nasional, siswa-siswa itu sudah kembali sehat dan masuk sekolah seperti biasa.

“Itu biasa, karena mereka belum sarapan maka kondisi fisik kelelahan,” kata Rico. Menurutnya, dalam acara ‘Sehari Tanpa Nasi’ di Lapangan Cilodong kemarin, para pelajar dan warga umum juga membawa bekal makanan sehari-hari, dan bukan berarti mereka tidak makan apa-apa dalam acara tersebut.

“Mereka makan makanan tanpa nasi. Jadi karbohidratnya saja yang diganti dengan pangan karbohidrat lain. Tapi lauk-pauk seperti ayam dan lain-lain, tentu saja tetap,” tutur Rico. Dengan kata lain, penyebab pingsannya kesebelas siswa itu bukan karena tidak makan nasi.

Walikota Depok Nur Mahmudi memang gencar mempromosikan penganan pengganti nasi sebagai makanan utama warga Depok. Ia bahkan mengeluarkan kebijakan tak populer dengan melarang Pegawai Negeri Sipil di Kota Depok makan nasi setiap hari Selasa.

Rico mengatakan, Satu Hari Tanpa Nasi dilaksanakan dengan tujuan mencapai ketahanan pangan nasional. Program ini dicanangkan sehubungan dengan tingginya tingkat kebutuhan beras di Kota Depok yang mencapai 180 ribu ton per tahun.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
nesa_gan
24/04/2012
Demi mencapai ketahanan pangan bukan berarti harus ada sehari tanpa nasi. Bagaimana nasib orang miskin yang tidak makan nasi berhari-hari
Balas   • Laporkan
ilongampito
23/04/2012
Begitu banyak warga miskin di jakarta.. Malahan ada yg seminggu tanpa nasi, kok ngak masuk rekor ya..
Balas   • Laporkan
heran rekor ko tanpa nasi, emg negara kita yg luas ini kekurangan nasi??? uprut maruput rekor g penting, cb dong bikin rekor yang konkrit, sebulan tanpa pakai mobil dinas coba
Balas   • Laporkan
kapolsek
23/04/2012
Ambil sisi positifnya. Hal ini baik utk mengurangi ketergantungan akan beras dgn manfaatkan potensi alam di masing2 daerah. Kan masih ada ketela, ubi, jagung, dan sagu. Semoga dikemudian hari dpt diadakan lg utk tingkat nasional.
Balas   • Laporkan
jona77 | 23/04/2012 | Laporkan
diDepok mana ada lahan lg utk sawah,smua hal jg ada ( )nya tp kl banyak(-)nya buat apa
murai
23/04/2012
berhemat itu baik. tapi walaupun sehari tanpa nasi, namun pada hari-hari lainnya tingkat konsumsi nasi tetap banyak ya sama saja. jadi sebaiknya bukan mengurangi konsumsi, namun meningkatkan produksi.
Balas   • Laporkan
werewolf
23/04/2012
gak penting. sodara2 kita di timur jg gak pake nasi. lagian cm sehari. coba sebulan, baru tau rasa..
Balas   • Laporkan
cintra
23/04/2012
. . cuman egitu doangm bukanya liat sana pekerjaan rumah yg blom beres malah gak jelas kayak gini
Balas   • Laporkan
jona77
23/04/2012
Ga penting! sekalian aja sehari tanpa kendaraan!...gw lahir & gede di Depok, ini walikota bau kencur dah mau ngerubah sejarah Depok dengan aturan2 & kebijakan yg aneh & gak penting!!!
Balas   • Laporkan
jona77 | 23/04/2012 | Laporkan
@Munan: ooo maksud lo terobosan himbau makan pake tangan kanan trus Depok jadi kota belimbing
munan | 23/04/2012 | Laporkan
untung Depok ga dipimpin orang macem ente, yang monoton dan ga punya terobosan!
irawanasg
23/04/2012
coba dong rekor sehari tanpa korupsi! btw jangan2 sebenarnya ada nasi buat peserta, tapi ilang dikorupsi!!!
Balas   • Laporkan
see_phitoeng
23/04/2012
Luar Biasa, prestasi yg membanggakan! sebelum ngajak orang lain, diri sendiri sdh memberi contoh! Smg Depok menjadi -kota contoh- dlm mendukung ketahanan pangan nasional kita, abaikan suara pendengki, Selamat pak!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com