Insiden Gorontalo

TNI AD: Brimob yang Menyerang, Bukan Bentrok

Demo Buruh Tolak BBM Naik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Satu orang anggota Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), Prada Firman akhirnya meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Aloei Saboe, Gorontalo. Prada Firman menjadi salah satu korban bentrokan Brimob Polda Gorontalo dengan Kostrad pada Sabtu malam, 21 April 2012.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI (Inf) Pandji Suko Hari Judho membantah bahwa terjadi bentrokan saat peristiwa itu. Yang terjadi adalah penyerangan. Hal itu disampaikan Pandji saat jumpa pers di Kartika Media Center TNI AD, Jakarta, Kamis 26 April 2012.

"Saat acara berlangsung ada anggota Brimob yang patroli dan disebutkan ada yang melempar. Padahal tidak ada," kata Pandji. Dia justru menduga ada pihak lain yang melempar ke arah kerumunan anggota Brimob. Pandji menjamin tidak ada anggota TNI AD yang melakukan pelemparan.

Saat anggota Brimob berpatroli, sejumlah anggota Kostrad tengah merayakan ulang tahun dari salah satu korban yang tertembak. Komandan Kostrad setempat memberikan izin anggotanya untuk merayakan ulang tahun di Taman Limboto.

Penembakan itu sendiri, kata Pandji, terjadi tidak hanya di satu tempat sekitar pukul 23.00 WITA, tetapi anggota Brimob diketahui mendatangi lokasi, Taman Limboto tempat perayaan ulang tahun. "Anggota Brimob melakukan penembakan dan mengenai tiga anggota TNI akibat peristiwa itu," kata dia.

Menurut Pandji, sejumlah anggota Kostrad yang berada di lokasi melarikan diri dengan kendaraannya masing-masing. Selang beberapa waktu kemudian, pukul 01.00 WITA sekitar 20 orang personel Brimob bersenjata peluru tajam dan karet menghadang anggota Kostrad yang pulang dari acara itu.

Pandji melanjutkan, karena anggota Kostrad itu tidak mau berhenti, personel brimob melepaskan tembakan dan mengenai tiga anggota TNI yang berusaha meloloskan diri. "Korban yang terkena peluru tajam berjumlah empat orang dan dua lainnya terkena peluru karet," ujar dia.

Pandji pun membantah bahwa insiden itu bukan merupakan bentrokan tapi penembakan karena Anggota TNI tidak melakukan perlawanan dan tidak membawa senjata api ketika perayaan ulang tahun. "Mereka berpakaian bebas dan tidak menggunakan pakaian dinas," ucap Pandji. (sj).

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan
PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024