Menristek: Produksi Mobil Listrik 2014

Gusti Muhammad Hatta
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali menyinggung  pengembangan kendaraan listrik. Saat memberikan pengantar dalam rapat kabinet, ia kembali minta penelitian dan pengembangan mobil listrik digiatkan.

"Riset yang berkaitan dengan kendaraan ramah lingkungan atau green car atau electric car kalau itu salah satu yang perlu kita kembangkan," kata SBY di kantor Presiden, Kamis 3 Mei 2012.

Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta mengatakan, pihaknya masih terus melakukan penelitian. Ia mencontohkan, kementriannya mendanai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mengembangkan microbis atau bis listrik.

"Sudah dibikin LIPI," kata Gusti usai rapat kabinet di Kantor Presiden.

Menurut Gusti, pihaknya sudah memiliki prototipe mobil listrik itu. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut dan presiden juga telah memanggil tim UGM, UI, ITB, ITS demi mengembangkan riset tersebut.

"Kita tunggu Mei atau Juni ini PT-PT itu memaparkan bagaimana roadmap-nya, karena presiden ingin 2014 harus sudah ada," kata Gusti.

Gusti mengungkapkan ada masalah dalam penelitian, yaitu terkait baterai. Ia ingin insfrastruktur untuk pengisian listrik juga tersedia dengan baik.

"Termasuk infrastrukturnya (stasiun isi ulang baterai). Kalau nggak ada, nanti gimana bisa isi ulang?," ujarnya.
 
Menurut Gusti, roadmap pengembangan sudah diarahkan sampai prototipe yang sudah ada siap diproduksi secara massal. Pihaknya menargetkan, pada 2014 sudah bisa mulai produksinya.

"Saya inginnya nanti mobil yang sudah jadi itu saya pakai. Tapi nanti tulisannya mau saya ganti. Itu ditulis green car masyarakat gak ngerti. Nanti saya mau tulis mobil listrik di muka samping belakang. Mau saya pakai untuk pegawai-pegawai," kata Gusti.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Cerita lengkap soal mobil listrik nasional silakan baca: "Pionir Mobil Listrik Nasional"

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024