Wamenhub: Transportasi Yogya Paling Humanis

Bis Trans Jogja
Sumber :
  • wisatawisataliburan.blogspot.com

VIVAnews - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah, akan menjadi percontohan sustainable transport yaitu daerah yang memiliki transportasi yang humanis.

"Yogyakarta dan Solo ini relatif lebih aman dibandingkan Jakarta yang kompleks permasalahannya. Apalagi di Solo dan Yogyakarta untuk pencegahan terhadap kejahatan di kendaraan umum lebih mudah. Karena penumpangnya memiliki kesadaran dan ikut menjaga   dari tindakan kejahatan," katanya di Yogyakarta, Jumat 4 Mei 2012

Ke depannya, kata Bambang, di Yogyakarta akan dirintis pemasangan GPS di bus TransJogja sehingga bisa dipantau Dinas Perhubungan dan informasi kedatangan bus di halte bus. Hal ini kemungkinan akan dipasang pada akhir tahun 2012.

"Dengan pemasangan GPS ini diharapkan supir bus dapat lebih tepat waktu karena aktivitas dapat dipantau melalui GPS," katanya.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan Yogyakarta sudah selayaknya memiliki sistem transportasi terpadu, tertata baik serta berkelanjutan. "Dengan menyandang kota pelajar, kota budaya sudah selayaknya mempunyai transportasi yang humanis," katanya.

Menurut Sultan, TransJogja yang saat ini beroperasi sudah pada jalur yang semestinya untuk menciptakan kota yang lebih beradab. Namun menciptakan hal tersebut harus ada kebijakan yang radikal.

"Agar lingkungan tak tercemar maka perlu transportasi yang ramah lingkungan serta menjadi prioritas," ujar Sultan. (eh)

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia
VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024