Mobil Damkar Meledak, 1 Tewas, 59 Luka Bakar

Kebakaran Kelapa Gading
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Satu warga tewas dalam insiden ledakan mobil pemadam kebakaran yang semula berniat memadamkan kios bahan bakar minyak di Jorong Padang Data, Nagari Pagaruyuang, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Menurut Kapolres Tanah Datar, Ajun Komisaris Besar Polisi Tri Sasongko, korban tewas merupakan warga yang sedang melihat proses pemadaman api yang dilakukan petugas Damkar, Senin kemarin. Korban meninggal diketahui bernama Iswandi (37 tahun) akibat luka bakar.

“Data terakhir, jumlah korban mencapai 60 orang, satu meninggal, 12 luka ringan, 47 luka berat,” tambah AKBP Tri Sasongko saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 8 Mei 2012.

Saat ini, sejumlah petugas dari polres setempat sedang olah tempat kejadian. Ledakan mobil damkar ini diduga berawal dari kebakaran kios bensin pinggir jalan. Kios bensin yang diketahui milik Gusnari, 41 tahun, terbakar saat api lilin menyambar bensin.

Semalam Kapolres menjelaskan, kios bensin yang dikenal dengan sebutan Pertamini ini terbakar pada pukul 18.30 WIB.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

“Waktu itu kebetulan mati lampu, karena gelap Gusnari dibantu anaknya memegang lilin. Angin yang kencang membuat api lilin menyambar bensin dan membuat kios terbakar,” kata Tri Sasongko.

Kebakaran yang terjadi di kios bensin ini mampu dipadamkan petugas damkar setengah jam setelah petugas sampai di lokasi. Namun, diduga kuat, api yang masih menyala dari tengki kios BBM merembes ke arah mobil damkar yang posisinya lebih rendah dari kios.

“Api yang terbawa air mobil pemadam mengalir ke arah kolong mobil damkar dan membuat mobil meledak,” katanya. Sejumlah petugas damkar dan warga yang sedang menonton proses pemadaman menjadi korban. Sejumlah korban dirujuk ke sejumlah rumah sakit terdekat di Padang dan Bukittinggi. (sj)

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024