VIDEO: Mengenal Kotak Hitam di Pesawat

Bagian Dalam Kotak Hitam
Sumber :
  • howstuffworks.com

VIVAnews - Kotak Hitam adalah sekumpulan perangkat yang digunakan, khususnya dalam transportasi udara. Umumnya, ini merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder, FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder, CVR) dalam pesawat terbang.

Istilah kotak hitam pertama digunakan pada masa perang dunia kedua. Alat ini tersimpan dalam kotak baja khusus yang tahan guncangan dan panas. Dalam pesawat umumnya terdapat dua unit kotak hitam pada bagian depan pesawat dan bagian ekor.

Secara teknis VCR bisa merekam suara dari empat channel yaitu pilot pertama, pilot kedua, keseluruhan suara di kokpit, dan keseluruhan suara dari kru di kabin.

Dalam peraturan penerbangan internasional, rekaman suara ini harus merekam kondisi 30 menit sampai 2 jam terakhir secara otomatis.

Selain rekaman suara, ada rekaman lain yang tidak kalah pentingnya yaitu rekaman data penerangan (FDR). Dalam FDR setidaknya terdapat 15 sampai 32 parameter yang harus direkam.

Parameter itu diantara yaitu parameter waktu, kecepatan, ketinggian, arah terbang, attitude atau sikap pesawat, tenaga mesin, posisi flight, tenaga udara, kondisi cuaca, kondisi auto pilot dan beberapa kondisi lainnya. Rekaman ini berlangsung selama 25 jam terakhir dan terekam secara otomatis.

Lantas bagaimana tahapan menganalisis blackbox?

Data CVR akan dibawa ke laboraturium kemudian diunduh hingga terdengar rekaman suara. Selanjutnya diidentifikasi dan dituangkan dalam laporan kertas. Proses analisis suara dalam CVR umumnya membutuhkan waktu paling cepat empat minggu.

Sedangkan untuk menganalisis data penerbangan rekaman, FDR dibawa ke laboratorium kemudian diunduh. Hasil rekaman FDR akan menghasilkan data bilangan biner. Bilangan biner itu kemudian bisa di-convert ke angka-angka dan akan menghasilkan ratusan bahkan ribuan parameter. Data itu kemudian dianalisis dan dituangkan dalam laporan di atas kertas.

Dari data FDR juga bisa diolah agar bisa menghasilkan simulasi gambar dari setiap kejadian. Proses analisis FDR umumnya membutuhkan waktu paling cepat 12 bulan bahkan hingga bertahun-tahun.

Untuk mengenal lebih jauh kotak hitam, Anda bisa melihatnya dalam video di tautan ini.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi
Ilustrasi kanker prostat.

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Jika terjadi pembesaran pada prostat, ini bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses kencing.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024