BNN: 1,4 Juta Ekstasi Dialamatkan ke BAIS TNI

Kantor Badan Narkotika Nasional
Sumber :
  • Ayatullah Humaeni | VIVAnews

VIVAnews - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengamankan Narkotika jenis Ekstasi sebanyak 1.412.476 butir. Untuk mengelabui petugas, barang haram tersebut menulis paket kiriman yang berasal dari China tersebut di tujukan ke Institusi Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

Deputi Pemberantasan Narkoba BNN, Benny Mamoto mengatakan, ekstasi yang berjumlah hampir mencapai 1,5 juta ini ini datang ke Indonesia melalui jalur laut dari pelabuhan Lianyungan, Shenzhen, dengan tujuan Jakarta.

"Berangkat dari China pada tanggal 28 April dan tiba di Jakarta pada 8 Mei 2012 di Tanjung Priok," kata Benny di kantor BNN, Jakarta, 28 mei 2012.

Pada tanggal 8 Mei, kapal tiba di Tanjung Priok dan kontainer tersebut dibongkar pada pukul 22.00 WIB. "Setelah turun dari kapal, petugas melakukan pengawasan terhadap kontainer tersebut hingga pengurusan administrasinya selesai," kata Benny.

Kemudian diketahui seorang oknum anggota Primer koperasi Kalta berinisial S dengan memalsukan tanda tangan Kepala Koperasi Primkop Kalta dan menambahkan tulisan Institusi BAIS TNI pada nama koperasi dengan harapan kontainer yang diantar dapat lolos dari pemeriksaan. "S juga mengubah data packing list untuk menurunkan bea masuk," katanya.

Kemudian Benny mengatakan, pada tanggal 25 Mei 2012, Melalui penyidikan yang dilakukan oleh BNN, petugas berhasil mengamankan ekstasi sebanyak 1.412.476 butir dari dalam kontainer setelah adanya kecurigaan petugas adanya barang-barang haram di dalam kontainer.

"Setelah dilakukan pengembangan, di dalam kontainer petugas temukan 12 kardus warna coklat tanpa identitas, di dalamnya ditemukan ekstasi sejumlahnya 1.412.476 butir yang dikemas di dalam bungkus produk teh China," kata Benny.

Dari barang bukti jutaan butir ekstasi tersebut, BNN mengamankan delapan orang tersangka yang salah satunya adalah anggota TNI berinisial S. "Total tersangka yaitu S, RS, R, A, M AR, MM dan J," katanya.

"Untuk S mengaku sebagai Anggota TNI, dan itu akan diserahkan kepada POM TNI."

Terungkapnya modus operandi penyelundupan narkoba dengan mengatasnamakan koperasi, ia mengimbau agar koperasi yang bergerak di pengurusan jasa kepabeaan agar lebih waspada dan ketat mengawasi anggotanya, sehingga tidak ada peluang bagi oknum untuk untuk memanfaatkan dalam jaringan peredaran narkoba. (umi)

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024