Lapangan Sepakbola Hambalang Angker

Proyek pembangunan pusat pendidikan latihan dan sekolah olah raga nasional (P3SON) di Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang tidak saja menuai kontroversi seputar permainan anggaran proyek Kemenpora senilai Rp1,2 triliun.

Di sisi lain, proyek yang letaknya berada di area perbukitan di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Bogor itu punya cerita mistis di balik megahnya mega proyek yang berdiri di atas lahan seluas 32 hektar.

Ihwal mengenai keangkeran proyek tersebut dirasakan oleh penduduk setempat, para pekerja, dan pelaksana proyek. Hal itu diungkapkan saat rombongan awak media diberi kesempatan menyambangi proyek tersebut pada Rabu 30 Mei 2012, kemarin.

Memang tidak terasa adanya keanehan apalagi angker. Seperti kunjungan ke suatu bangunan proyek, ada yang sudah jadi namun masih kosong, adapula bangunan setengah jadi dan kondisinya juga masih berantakan.

Setibanya di lokasi, kebetulan bus yang ditumpangi rombongan wartawan parkir di depan venue sepak bola. Setelah bus parkir, sontak para awak media baik cetak maupun elektronik ingin segera mengabadikan gambar proyek yang selama ini jadi perbicangan khalayak.

Beberapa juru kamera stasiun televisi nasional dan fotografer langsung mengambil  gambar sebagian bangunan proyek, tak terkecuali venue sepakbola yang berada persis di depan parkiran bus. Kondisinya masih berantakan karena memang masih  setengah jadi.

Belum lama juru kamera mengabadikan momen itu,  seorang petugas yang menaiki motor menghampiri awak media dan menegurnya. Rupanya pria bersafari coklat itu pengawas pekerja proyek. Ia mengingatkan awak media untuk tidak mengambil gambar venue sepakbola.

"Mas... Bagian pojok stadion bola jangan diambil. Itu angker. Makanya saya ingatkan untuk yang mengambil gambar," tegur pria bersafari coklat

Sambil menggerutu pria itu kemudian bercerita bahwa lokasi yang diambil gambarnya oleh sejumlah media angker. Ia menuturkan sejumlah ternak seperti kerbau, kambing yang sempat digembala sekitar pojok venue sepakbola itu mendadak mati tanpa sebab.

"Beberapa karyawan juga pingsan. Dari dulu memang seperti itu katanya tanah keramat," ujarnya sembari meninggalkan wartawan dengan sepeda motornya.

Proyek Hambalang menjadi perhatian publik. Karena proyek raksasa itu kerap disebut mantan Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin. Mantan anggota DPR itu bahkan menyebut sejumlah pihak terlibat dalam kasus ini. Bahkan Kamis 24 Mei lalu, Menpora Andi Mallarangeng diperiksa selama 10 jam oleh KPK.

Diberitakan sebelumnya, dua bangunan di proyek pusat olahraga itu rusak akibat tanah di bawahnya ambles. Empat titik tanah yang ambles itu berada di lokasi untuk pembangunan Hall Bulutangkis, lapangan panahan, ruang genset, dan jalanan di kompleks itu. (eh)

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024