Kenang Tewasnya Suporter, Bonek Gelar Doa

Laga Persebaya vs Persija Rusuh
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVAnews - Guna mengenang tewasnya Purwo Adi Utomo alias Tomi (18), suporter Persebaya, saat terjadi kerusuhan di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, komunitas suporter Surabaya berkumpul di Taman Apsari depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa malam ini, 5 Juni 2012.

Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, ratusan suporter fanatik Persebaya menyampaikan kekecewaan mereka atas tindakan represif aparat kepolisian usai berlangsung laga antara Persebaya melawan Persija.

Di bawah bentangan spanduk "Mengecam Tindakan Represif Aparat" tepat di bawah Patung Gubernur Suryo, berbagai kecaman dilontarkan Bonekmania tentang tindakan polisi.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Dalam aksi malam ini, ratusan suporter berdoa. Selain spanduk, juga terpampang sejumlah foto yang menggambarkan tindakan keras polisi terhadap Bonek. Dipasang juga foto almarhum Purwo yang ditebari sinar lilin. 

"Yang melakukan provokasi adalah petugas polisi, bukan Bonek. Untuk itu kita harus berani menyuarakan agar semua tahu dan mendengar," kata salah seorang yang berorasi.

"Ini malam renungan dan doa bersama untuk mengenang kematian saudara kita, Purwo Adi Utomo," kata Sekjen Komunitas Suporter Surabaya, Ita. "Kita mengecam tindakan arogan dan represif polisi yang mengakibatkan tewasnya Purwo."

"Bonek juga bagian dari masyarakat. Saat itu, saya melihat sendiri tindakan polisi yang arogan. Saat itu sejumlah suporter yang akan mengambil atau mencopot spanduk, dihadang dan dipukuli, ditendang membabi buta," kata Ita, yang mengaku kepalanya bocor dihajar polisi. (kd)

Didik Rachbini (foto/Nur Terbit/Univ Paramadina)

Antisipasi Dampak Buruk Konflik Iran-Israel, Pemerintah Wajib Simak 3 Saran Kebijakan Ekonomi Ini

Didik Rachbini menyebut, konflik Iran dan Israel pasti menimbulkan dampak yang luas pada perekonomian nasional dan global yang mutlak harus diantisipasi dengan kebijakan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024