Menpora Tak Tahu Rp300 M ke Kantor Istri Anas

Menpora Andi Mallarangeng
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi menyebut PT Duta Sari Citra Laras, perusahaan yang terkait dengan istri Anas Urbaningrum, Athiyyah Laila, memperoleh proyek pekerjaan Hambalang senilai Rp300 miliar. Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng mengaku tak mengetahui tentang hal itu.

"Tidak tahu, tidak pernah," kata Andi Mallarangeng di gedung DPR, Jakarta, Kamis 7 Juni 2012. Andi menjelaskan, dirinya tidak ikut campur dalam urusan teknis yang melibatkan kontraktor.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto membenarkan adanya dana Rp300 miliar yang mengalir ke perusahaan subkontraktor proyek Hambalang itu. Namun, Bambang enggan merinci lebih lanjut mengenai uang proyek itu.

Bambang memastikan KPK saat ini tengah mengusut dugaan keterlibatan PT Dutasari yang ditunjuk sebagai subkontraktor proyek Hambalang. Kualifikasi perusahaan yang dipimpin sahabat Anas, Mahfud Suroso itu dipertanyakan. KPK sendiri masih melakukan hal tersebut.

Bagi Andi Mallarangeng, dalam kapasitasnya sebagai menteri dirinya tidak menangani hal-hal yang bersifat teknis. "Jadi kalau secara teknis saya sudah serahkan pada sistem yang sudah ada. Apa dengan kontraktor atau subkontraktor saya tidak mengurus hal itu," kata Andi.

Mundur

Sementara, politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul pernah melontarkan pernyataan bahwa Andi Mallarangeng diharapkan mundur dari jabatannya. Hal ini karena Andi kerap disebut terlibat dalam kasus Hambalang dan Wisma Atlet.

Menanggapi hal ini, Andi mengaku siap jika suatu saat diberhentikan oleh presiden. "Jabatan itu pengabdian, diangkat dan diberhentikan presiden. Kapan saja bisa diberhentikan presiden. Kapan saja saya siap," kata Andi lagi. (adi)

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1
Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024