Kapal Minyak Sawit Tenggelam di Sungai Kapuas

Kapal tenggelam
Sumber :

VIVAnews - Sebuah kapal motor milik PT Sahabat Kapuas yang bermuatan 20 ton CPO (crude palm oil) pecah dan tenggelam di dasar Sungai Kapuas Pontianak, Kalimanta Barat. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kapal itu tenggelam.

"Ketka itu Kapal Motor PT Sahabat Kapuas ini mau merapat ke dermaga kami. Tiba-tiba saja kapalnya miring dan tidak lama kemudian tenggelam. CPO yang dibawanya pun meluber ke Sungai Kapuas ini," kata Kepala Bagian Operasional PT Cahaya Kalbar, Safei, dalam jumpa pers di Pontianak, Kamis 7 Juni 2012.
 
Menurut Safei, pihaknya merasa rugi besar atas tenggelamnya Kapal Motor (KM) yang mengangkut CPO milik PT Cahaya Kalbar yang dibawa oleh KM milik PT Sahabat Kapuas. Ia menklaim  pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp90 juta, dengan asumsi satu liter seharga Rp8 ribu.
  
"Agar CPO yang tumpah tidak mencemari Sungai Kapuas, kami beserta petugas Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak, dan instansi terkait sudah mengepung CPO itu dengan pelapung agar CPO itu tidak menyebar kemana-kemana karena dibawa arus," kata Safei.
 
Selain itu, kata dia, pihaknya juga memperbolehkan warga sekitar untuk memungut atau mengambil CPO yang tumpah ke Sungai Kapuas agar tidak mencemari sungai. "Kami membayar sebesar Rp100.000 untuk satu drum CPO ukuran 200 liter yang berhasil warga pungut kembali," ucapnya.
  
Dalam kesempatan itu, Safei mewakili pihak PT Cahaya Kalbar menyampaikan permohonan maafnya pada masyarakat di sekitar sungai Kapuas bila tercemar akibat tumpahnya CPO tersebut.
  
"Saat ini kami sudah melibatkan semua pihak terkait, termasuk masyarakat juga, untuk memungut kembali minyak yang telah tumpah ke sungai Kapuas," ungkap Safei.
  
Ia menambahkan, PT Cahaya Kalbar siap bertanggungjawab atas insiden tenggelamnya kapal pengangkut CPO tersebut. "Meskipun kami sendiri tidak menginginkan musibah ini sampai terjadi," ujar Safei. (ren)

Ramalan Zodiak Selasa 16 April 2024: Scorpio Bertemu Kenalan Lama, Ada Masalah Serius untuk Aquarius
Anies Baswedan bersama Surya Paloh saat menghadiri buka puasa bersama Nasdem

NasDem Sebut Surya Paloh Restui Jika Anies Ingin Maju di Pilkada DKI 2024

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan restu kepada Anies Baswedan maju Pilkada DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024