Penyidikan Kasus Hambalang Ditentukan Besok

Proyek pembangunan pusat pendidikan latihan dan sekolah olah raga nasional (P3SON) di Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum memutuskan apakah  status kasus korupsi proyek kompleks olahraga Hambalang sudah bisa ditingkatkan ke tahap penyidikan. Ketua KPK, Abraham Samad, menegaskan status proyek Hambalang masih dalam tahap penyelidikan.

"Besok setelah shalat Jumat akan kita lanjutkan dengan expose (pemaparan)," kata Abraham di kantornya, Kamis 7 Juni 2012.

Menurut Abraham, berdasarkan pemaparan itu, pimpinan KPK dan tim penyidik KPK akan melihat perkembangan proyek senilai Rp1,1 triliun. Termasuk soal aliran dana dan elit partai politik yang terlibat didalamnya.

Selanjutnya Abraham mengatakan KPK akan menyimpulkan apakah kasus Hambalang bisa ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan, atau masih perlu pendalaman. "Jadi masih kita tunggu besok tolong bersabar, usai Salat Jumat kami gelar expose," ujar Abraham.

Sejauh ini lanjut Abraham, KPK tidak mengalami kesulitan dalam menghimpun  barang bukti dan keterangan penyelidikan Hambalang. Hanya saja untuk meningkatkan statusnya ke penyidikan bukan perkara mudah. Pasalnya KPK membutuhkan strategi dan waktu khusus mengungkap mega proyek Kemenpora ini.

"Karena ada prinsip KPK itu prudent, harus berhati-hati supaya dia akurat karenà KPK tidak mengenal yang namanya SP3. Oleh sebab itu, dia harus berhati-hati betul sehingga itu yang dirasakan masyarakat jadi lama, kami minta masyarakat bersabar," terangnya. (ren)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024