Adhi Karya Yakin Proyek Hambalang Jalan Terus

Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Perusahaan konstruksi milik pemerintah PT Adhi Karya Tbk mengaku optimistis proyek Sport Centre di Hambalang, Bogor, yang digarapnya tidak akan dihentikan. Sebab, sebagai kontraktor profesional, Adhi Karya membangun proyek itu sesuai dengan kontrak.

"Saya belum yakin akan dihentikan, Adhi Karya seharusnya tidak rugi kalaupun dihentikan," kata Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Kunardi Gularso, ketika ditemui di Hotel Ritz Carlton, Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis malam.

Menurutnya, sebagai kontraktor, Adhi Karya akan dibayar sesuai dengan proyek yang sudah dikerjakannya. Jika pekerjaan proyek baru selesai 50 persen maka Adhi Karya akan dibayar sebesar 50 persen dari nilai proyek.

"Yang memberhentikan itu siapa, kan dibayar sesuai dengan yang dikerjakan karena kami kontraktor, jadi tidak akan rugi," katanya.

Seperti diketahui, dua bangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang yang terkena dampak amblesnya tanah tidak runtuh. Tetapi sengaja dirobohkan.

Enginering dari PT Adhi Karya, Dardi Gunawan, mengatakan untuk alasan keselamatan, power house dan stadion indoor bulu tangkis yang masih berupa bangunan berlantai satu itu sengaja dirobohkan. "Bangunan satu lantai yang belum beratap itu sengaja dirobohkan," kata Dardi di Bogor, Jawa Barat.

Dardi menjelaskan, awalnya jalanan di depan stadion indoor Bulutangkis dan Power House miring karena jalan di depan dua bangunan itu dibuat berundak. Pada 14 Desember 2011, jalan tersebut mengalami keretakan. Sehari kemudian jalan tersebut turun sekitar lima hingga delapan meter. "Kami lantas memindahkan alat-alat yang ada di Power House (ruang genset)," ujar Dardi.

Sejak dua bangunan dan jalan seluas 1000 m2 itu diratakan dengan tanah, Dardi mengatakan tidak ada kegiatan membangun di situ. "Semua kegiatan dihentikan menunggu proses penyelidikan miringnya tanah selesai," ujar Dardi.

"Pihak asuransi yaitu Asei juga sudah melihat kerusakan jalan dan dua bangunan itu. Menurut kami perobohan bangunan itu karena force majeur," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, dua bangunan di proyek pusat olahraga senilai Rp1,2 triliun itu rusak akibat tanah di bawahnya ambles. Empat titik tanah yang ambles itu berada di lokasi untuk pembangunan Hall Bulutangkis, lapangan panahan, ruang genset, dan jalanan di kompleks itu.

Proyek Hambalang menjadi perhatian publik. Karena proyek raksasa itu kerap disebut mantan Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin. Bahkan Kamis 24 Mei lalu, Menpora Andi Mallarangeng diperiksa selama 10 jam oleh KPK.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum memutuskan apakah  status kasus korupsi proyek kompleks olahraga Hambalang sudah bisa ditingkatkan ke tahap penyidikan. Ketua KPK, Abraham Samad, menegaskan status proyek Hambalang masih dalam tahap penyelidikan.

"Besok setelah shalat Jumat akan kita lanjutkan dengan expose (pemaparan)," kata Abraham di kantornya, Kamis 7 Juni 2012. Menurut Abraham, berdasarkan pemaparan itu, pimpinan KPK dan tim penyidik KPK akan melihat perkembangan proyek senilai Rp1,1 triliun. Termasuk soal aliran dana dan elite partai politik yang terlibat didalamnya. (umi)

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan
Vespa World Days 2024 di Pontedera, Italia

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Vespa World Days 2024 telah sukses besar di Pontedera, Italia, menandai 140 tahun Piaggio Group dan 78 tahun Vespa diproduksi di kota tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024