KPK Tak Bisa Diintervensi Pansus Hambalang

Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi tidak terpengaruh dengan wacana pembentukan Panitia Khusus DPR soal kasus Hambalang. KPK menegaskan sekalipun ada Pansus Hambalang di DPR, itu tidak akan mempengaruhi pengusutan kasus di KPK.

"Kami tidak terpengaruh dengan hasil Pansus ataupun Panja dalam penyelidikan Hambalang," kata juru bicara KPK, Johan Budi SP di kantor KPK, Jakarta Selatan, Jumat 8 Juni 2012.

Johan menegaskan bahwa ruang lingkup KPK dalam domain penegakan hukum. Yang dapat berpengaruh dalam penyelidikan KPK adalah dua alat bukti yang cukup untuk menaikkan statusnya ke penyidikan.

"Dasar itulah buat KPK kalaupun nanti ada, bisa dinaikan ke penyidikan. Saya kira, kami domain melakukan penggalian informasi data dengan domain hukum," ujar Johan.

Johan pun menggarisbawahi bahwa kinerja Pansus DPR tidak akan dapat mengintervensi penyelidikan KPK. DPR juga ada batasnya bila meminta berkas-berkas ke KPK. "Misalnya, bagaimana BAP si X, Pansus butuh, tidak bisa, tentunya kami tolak," terang Johan.

KPK tidak akan terpengaruh hiruk-pikuk di luar domain KPK. KPK harus profesional melihat apakah ada dukungan alat bukti atau tidak. "Dalam kaitan dengan penyelidikan Hambalang," ujar dia.

Saat ini ada wacana berkembang di Senayan tentang pembentukan Pansus Hambalang. Nantinya Pansus akan menggabungkan anggota DPR dari Komisi X bidang Olahraga dengan Komisi II yang juga membahas soal tanah. (eh)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024