Indonesia Gagal Dapat Dana WHO Rp5 Triliun

Tanam Pohon May Day
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan hingga saat ini Indonesia belum mendapatkan dana pengelolaan kesehatan lingkungan yang berasal dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Zulkifli mengaku jumlah dana itu sangat fantastis yakni sebesar US$500 juta atau hampir Rp5 triliun.

"Anggaran dari kerja sama kesehatan lingkungan itu tidak sedikit, US$500 juta," kata Zulkifli dalam acara konsultasi untuk berbagi informasi multisektoral dalam pengelolaan risiko kesehatan masyarakat yang dilaksanakan WHO di Jimbaran, Badung, Bali, Jumat 8 Juni 2012.   

Meski anggaran tergolong besar, Indonesia belum dapat menangkap peluang itu dengan baik. Dana sebesar itu kemudian disalurkan ke negara tetangga ASEAN lainnya seperti Singapura dan Kamboja.

"Kita belum dapat karena tidak terlalu cerdas. Padahal, penduduk Indonesia sangatlah banyak," imbuh menteri yang juga mantan Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sektor kehutanan bagi Zulkifli sangat menentukan di bidang kesehatan. Sebab, jika hutan dan habibat satwa rusak, maka otomatis air akan ikut tercemar. Jika gambut rusak, maka pernapasan pun terganggu. Apalagi jika sampai hutan terbakar. Akibatnya sangat kompleks dan luar biasa.

Menurut Zulkifli, hulunya kesehatan ada di sektor kehutanan. Jika hutan bermasalah akan berdampak luas dan menyebabkan berbagai macam penyakit bagi seluruh mahluk hidup. Selain itu, hutan juga banyak menawarkan aneka obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan. (umi)

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024