Tanggap Darurat Gempa Sukabumi Berakhir

gempa 6 SR dekat Sukabumi
Sumber :
  • usgs.gov

VIVAnews -- Masa tanggap darurat paska lindu berkekuatan 6,1 skala Richter yang mengguncang Sukabumi, Senin 4 Juni 2012 dinyatakan berakhir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo mengatakan, penutupan masa tanggap darurat berdasarkan peraturan dan saat ini tengah bergeser tahap pemulihan dan verifikasi  untuk selanjutnya masuk ke proses rehabilitasi dan konstruksi.

“Dari data yang masuk hingga dinyatakan ditutup, jumlah kerusakan ada 600 bangunan lebih. Dari jumlah ini 31 dinyatakan rusak berat dan 292 rumah dinyatakan sedang. Untuk rusak ringan jumlahnya lebih banyak, namun tidak menjadi bagian dari tahap pemulihan dan rehabilitasi dan rekonstruksi,” paparnya pada VIVAnews, Selasa 12 Juni 2012.

Kerusakan tersebar di 15 kecamatan dari total 47 kecamatan yang ada di kabupaten Sukabumi. Yakni, Kecamatan Bantargadung, Jampang Kulon, Cibitung, Nyalindung, Surade, Warungkiara, Cidadap, Parungkuda, Palabuhanratu, Ciemas, Simpenan, Sagaranten, Pabuaran, Cidolog, dan Tegalbuleud.

Tak ada korban jiwa yang diakibatkan, hanya diketahui dua korban luka dan semuanya sudah membaik.

Dalam masa tanggap darurat ini BPBD Kabupaten Sukabumi  telah menyalurkan bantuan logistik dari pos anggaran dana siap pakai BPBD sebesar Rp250 juta. Dana ini belum termasuk dana untuk masa pemulihan dan rehabilitasi kerusakan bangunan akibat gempa.

Saat ini BPBD tengah melakukan verifikasi data kerusakan pada bangunan yang dinyatakan rusak berat dan rusak ringan. Masa verivikasi ini akan berlangsung hingga dua minggu ke depan. Hasil verifikasi akan diserahkan pada Bupati dan DPRD. “Hasil ini yang nantinya akan dijadikan acuan anggaran bagi rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang rusak akibat gempa,” jelasnya. (eh)

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024
Waketum Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Wakil Ketum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo menyampaikan sikap partai mewakili Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, pasca keputusan MK dan penetapan Prabowo-Gibran pemenang

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024