SBY Jawab Langsung Kritik Soal Wakil Menteri

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya menjawab secara langsung berbagai kritik yang muncul terkait pengangkatan wakil menteri. Pengangkatan wakil menteri, kata dia, merupakan kewenangan Presiden dalam menjalankan pemerintahan.

"Presiden memiliki kewenangan menjalankan kekuasaan pemerintahan, itu yang ada di Undang-undang Dasar 1945,"  kata SBY di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu 13 Juni 2012. Dengan kewenangan itu, Presiden tentu bisa menyusun struktrur pemerintahan yang dipandang efektif untuk menjalankan pemerintahan.

"Presiden diberi kewenangaan oleh undang-undang untuk mengangkat menteri dan wakil menteri, untuk itu saya angkat beberapa wakil menteri," tegas SBY.

Alasan lain yang dijadikan dasar pengangkatan wakil menteri adalah banyaknya tugas yang harus ditanggung  menteri. Dia mencontohkan Menteri Keuangan yang harus membahas berbagai kebijakan keuangan dengan DPR maupun menghadiri berbagai forum ekonomi di luar negeri. Sehingga, agar semua tugasnya bisa terlaksana, SBY memutuskan mengangkat Wakil Menteri Keuangan.

SBY juga mencontohkan betapa banyaknya tugas yang dijalankan Menteri Luar Negeri. Lebih dari 30 persen waktu Menlu dihabiskan untuk bertugas di luar negeri. Sementara untuk sidang kabinet, Presiden sering memerlukan pejabat utama di kementerian itu. "Beda dengan Sekjen dan Irjen, hakikatnya Wamen membantu Presiden dalam policy making," kata SBY.

SBY juga menilai pengangkatan wakil menteri ini bukan sebuah pemborosan seperti yang dituduhkan selama ini. Sebab, anggaran untuk mengangkat wakil menteri telah dikaji secara cermat sebelumnya. "Oleh sebab itu ada dikatakan pemborosan, tidak seperti itu," katanya.

Meski demikian, SBY mengaku menghormati putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan pengangkatan wakil menteri harus diperjelas payung hukumnya. "Karena penjelasan pasal 10 dianggap terlalu mengikat. Atas putusan itu saya jalankan, penjelasan Pasal 10 itu yang kita tiadakan, artinya tidak ada sesuatu yang luar biasa," katanya. (umi)

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024