Kota Jayapura Rusuh, Massa Bakar Mobil

Mako Tabuni, penanggung jawab KNPB
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews -- Rusuh terjadi di ibukota Papua, Jayapura, Kamis 14 Juni 2012, sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Massa dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) mengamuk paska penangkapan Ketua I, Mako Tabuni.

Massa yang emosi membakar dua mobil Avanza dan dua motor. Situasi hingga saat ini masih mencekam. Simpatisan KNPB yang membawa senjata tajam seperti parang, sabit, dan panah juga berteriak-teriak mengancam warga.

Massa mengancam membakar rumah-rumah penduduk, terutama pendatang. "Kita bakar rumah pendatang ini," teriak mereka.

Pasukan polisi telah diterjunkan ke lokasi rusuh di Waena Expo dan Perumnas III, di dekat kampus Universitas Cenderawasih.

Pantauan VIVAnews, polisi memblokade akses menuju bandara, agar massa tak merangsek ke sana.

Sebelumnya, polisi juga menangkap Ketua Umum KNPB, Buchtar Tabuni, atas tuduhan penghasutan dan perusakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jayapura, Papua, pada 3 Desember 2010.

Buchtar juga telah menjadi buron atas serangkaian kekerasan yang dilakukan massa Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Massa KNPB terlibat dalam sejumlah aksi perusakan, pengeroyokan dan penikaman warga di Waena 1 Mei lalu, serta aksi demo menuntut referendum yang dibubarkan Polisi, 4 Juni, yang berbuntut perusakan sejumlah marka jalan dan rumah warga sekaligus penganiayaan terhadap sejumlah warga. (sj)

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024