Ketua DPRD Sumatera Utara Tewas

Ini Alasan Gubernur Teken Persetujuan Protap

VIVAnews - Komisi Hukum Dewan memanggil Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin terkait kasus demo maut yang menewaskan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Abdul Aziz Angkat. Sayang, rapat yang juga membeber hasil investigasi tim komisi hukum, dilakukan secara tertutup.

Syamsul Arifin yang ditemui di sela-sela rapat mengatakan pasca tewasnya Aziz, rakyat Sumatera Utara di level bawah sudah tak ada lagi masalah. "Mereka hanya mengharap tindakan hukum yang tegas dan tuntas. Itu sudah dilakukan," kata dia di Gedung Dewan, Senayan, Senin 23 Februari 2009.

Dalam rapat tersebut, anggota dewan juga mencecar Aziz soal kronologis peristiwa. "Termasuk mengenai surat persetujuan saya tentang pembentukan Provinsi Tapanuli," tambah dia. 

Menurut Syamsul, semuanya sudah dijelaskan ke dewan secara transparan kenapa dia mau menandatangani surat persetujuan pembentukan Provinsi Tapanuli. "Karena sudah memenuhi prosedur. Dari 25 persyaratan, 24 sudah dipenuhi," tambah dia.

Namun, persetujuan Gubernur bukan final. Ditambahkan dia, inisiator juga harus mengantongi persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat. "Di Sumatera Utara berprinsip kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit. Sumut itu singkatannya 'semua urusan harus tuntas'," tambah dia.

Secara terpisah, anggota Komisi Hukum, Gayus Lumbuun mempersoalkan rapat yang dilaksanakan secara tertutup. "Saya tidak terima rapat ini tertutup. Yang namanya fakta harus dibuka dan diketahui publik," tambah dia.

Abdul Aziz Angkat tewas ditengah demonstrasi menuntut pengesahan Provinsi Tapanuli Selasa 3 Januari 2009. Saat politisi Partai Golkar ini hendak dibawa menuju mobil untuk dilarikan, massa datang lebih banyak.

Cacian, makian, dan lemparan botol plastik diarahkan pada Aziz. Pukulan pun diterima politisi Golkar itu. Aziz lalu pingsan dan dibawa lari ke rumah sakit. Namun nyawanya tak tertolong lagi, dia tewas di rumah sakit. Polisi sedang mendalami penyelidikan. Diduga, tewasnya Aziz sudah direncanakan.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024