Dahlan: PT Pindad Siap Uji Coba Mobil Listrik

Avanza Veloz
Sumber :
  • toyota.astra.co.id

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan dalam waktu paling lambat 2 minggu, salah satu BUMN yang memproduksi alat militer, PT Pindad (Persero) siap mengujicoba mobil listrik produksi dalam negeri.

Dahlan menyampaikan, nantinya mobil yang akan diujicoba adalah jenis mobil perkotaan seperti Avanza, mobil keluaran perusahaan otomotif asal Jepang Toyota.

"Satu bulan lagi sejenis mobil Carry siap diujicoba. Kemudian, 1,5 bulan lagi sedan kecil sekelas Yaris dan Jazz juga siap diujicoba. Lalu, 1,5 bulan setelahnya, mobil sekelas mewah siap diujicoba," ujar Dahlan di Jakarta, Sabtu 23 Juni 2012.

Pindad menurut Dahlan hanya mengujicoba mobil listrik jenis city car. Jenis lainnya akan diserahkan kepada pihak swasta.

Dia menambahkan, Indonesia dalam tahapan uji coba mobil listrik berada dalam taraf yang sama dengan negara lain. Ke depannya, ujarnya, diharapkan Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain dengan inovasi dan terobosan-terobosan yang diciptakan.

"Kita kalo mau bersaing harus yang kira-kira mampu. Misalnya kita mau mengembangkan mobil BBM, maka tidak bisa mengalahkan Jepang," kata Dahlan.

Dia juga mencontohkan, Malaysia tidak mampu bersaing dalam mengembangkan teknologi mobil, sehingga Proton harus diserahkan ke pihak swasta. Hal ini, ujar Dahlan, karena Proton tergerus dengan merek-merek ternama yang sudah mendunia dengan menggunakan BBM.

"Tapi kalau mobil listrik kita bisa bersaing, karena mulainya sama-sama dengan negara lain, dan kita tidak kalah," ujarnya.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya
Menpan RB, Abdullah Azwar Anas

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah telah menyiapkan jumlah kebutuhan ASN di IKN.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024