Bupati Tolak Bebaskan Lahan Gunung Padang

Gunung Padang, Cianjur
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Bupati Cianjur Cecep Muhtar Soleh menolak melakukan pembebasan lahan di areal sekitar kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Bupati menginginkan bagaimana situs ini bisa memberikan kesejahteraan kepada warga setempat.

"Tidak ada pembebasan lahan dikawasan Situs Megalit Gunung Padang," kata Cecep Muhtar Soleh saat menggunjungi situs ini bersama rombongan pemerintah daerah di lokasi Gunung Padang, Minggu 24 Juni 2012.

Pernyataan ini berupa penolakan terhadap permintaan Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, pada Selasa 6 Maret 2012 di pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu Andi Arief meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur menyiapkan lahan 150 hektar guna melakukan tahap lanjutan penelitian kawasan megalitikum ini.

"Kami tidak berpikir ke arah pembebasan lahan. Kami lebih berpikir bagaimana ini mengembangkan masyarakat sekitar. Ini lebih penting untuk diutamakan. Kearifan lokal akan mempunyai porsi lebih utama," kata dia.

Menurut Cecep, pembebasan lahan merupakan sebuah proses yang rumit. Apalagi lahan yang sangat luas. Pemindahan masyarakat bukan hanya penggantian semata namun menyangkut kesejahteraan dan sistem sosial yang sudah ada.

Lahan sekitar kawasan Gunung padang merupakan lahan produktif dan sebagian besar masyarakat sekitar berprofesi sebagai petani. Bila mereka direlokasi, kata Cecep, mereka harus mendapatkan yang sesuai agar profesi mereka tidak berubah.

Selain itu untuk mencari lahan baru bukan sesuatu yang mudah. Apalagi, kata dia, lahan produktif di Cianjur terutama persawahan sudah mulai berkurang setiap tahunnya. Yang terberat, berupa adaptasi lingkungan ini membutuhkan waktu yang lama dan sering terjadi gesekan sosial.

"Kami lebih mengupayakan adanya kerjasama dengan masyarakat untuk menjaga Situs Megalit Gunung Padang. Pemberdayaan lebih memungkinkan dibandingkan dengan pembebasan lahan yang luas, meski ke depannya kawasan ini akan menjadi objek wisata yang sangat terkenal," ujar dia.

Sementara itu Abidin (35) warga sekitar, mengatakan dirinya enggan menjual tanahnya yang jaraknya berkisar hanya 200 meter dari kawasan ini. "Saya dan keluarga saya turun temurun tinggal di kawasan ini. Saya tidak akan menjual tanah saya," kata dia. (adi)

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024