Misteri Gerbang Gunung Padang Belum Terungkap

Tim Arkeologi Melakukan Ekskavasi di Gunung Padang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVANews - Tim Arkeolog menghentikan sementara proses eskavasi lereng timur Situs Megalit Gunung Padang. Sulitnya medan serta konstruksi tanah yang labil membuat penggalian dianggap terlalu berisiko.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

“Eskavasi kami hentikan sore ini. Kami terkendala konstruksi tanah yang labil dan lapukan batuan. Struktur yang tertimbun sudah cukup rusak sehingga saat penggalian mencapai kedalaman satu meter tim kesulitan karena banyaknya bongkahan,” tegas anggota Tim Arkeolog, Ali Akbar, Minggu, 24 Juni 2012.

Pada proses eskavasi ini, tim arkeolog yang membuat lubang berdiameter 2,5 x 2,5 meter ini hanya berhasil menggali sampai kedalaman 3 meter.  Banyaknya batuan dan kondisi tanah yang labil membuat langkah tim berjalan lambat.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Sulitnya medan yang dilalui tim, membuat upaya pencarian rongga masuk Gunung Padang, yang diperkirakan terpendam di kedalaman 4-5 meter, menjadi tertunda.

"Kami belum tahu kapan lagi kita akan melakukan eskavasi. Bila dipaksakan penggalian ini terlalu riskan. Banyak kendala dan risiko yang harus dihadapi tim bila memaksakan eskavasi saat ini. Kami siapakan dulu berbagai langkah untuk melakukan eskavasi kedepan,” ungkapnya.

Saat ditanya lamanya upaya rekonstruksi situs megalit gunung padang ini, Ali memperkirakan bisa mencapai sekitar 20 tahun. "Waktu yang kita butuhkan berdasarkan standar waktu saat Borobudur direkonstruksi. Proses terlama adalah membuat koding bantuan dan membuat catatan,” jelasnya.

Sementara itu anggota Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang, Erick Rizky, menambahkan, seluruh laporan hasil eskavasi dan temuannya yang ditemukan hari ini, akan dikonfirmasi dengan data hasil pemindaian dari tim geolog.

Selanjutnya, laporan tersebut ini akan disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang akan mempersentasikan hasil temuan dari tim riset mandiri ini pada presiden dan masyarakat Jawa Barat.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

"Rencananya hasil riset ini akan di pablis pada awal bulan depan,” kata Erick.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat, atas kemenangan yang diraih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024