FOTO: Hamparan Pasir "Pelangi" di Glass Beach

Glass Beach
Sumber :
  • wunderground.com

VIVAlife - Glass Beach adalah pantai yang terletak di MacKerricher State Park dekat Fort Bragg, California. Yang unik dari pantai ini adalah pasirnya yang berupa puing-puing beling dengan beragam bentuk dan warna pelangi.

Pasir itu terbentuk akibat pembuangan sampah ke wilayah pantai. Pada awal abad ke-20, warga yang tinggal di sekitar Fort Bragg membuang sampah rumah tangga mereka dari atas tebing ke tempat yang sekarang menjadi Glass Beach.

Mereka membuang kaca, peralatan rumah, bahkan mobil. Kala itu, pemilik tanah adalah perusahaan bernama Union Lumber. Penduduk setempat menyebutnya "The Dumps." Kadang sampah-sampah tersebut dibakar untuk mengurangi ukuran dari tumpukan sampah.

Pada tahun 1967, North Coast Water Quality Board dan pemerintah kota setempat menutup daerah tersebut. Berbagai program pembersihan dilakukan selama bertahun-tahun untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat tumpukan sampah di pantai ini.

Selama beberapa dekade berikutnya, gelombang air laut secara tidak langsung membersihkan pantai dan membuat tumpukan sampah dan kaca yang ada di pinggir pantai terkikis sedikit demi sedikit. Hal ini kemudian membuat kaca-kaca tersebut menjadi butiran-butiran kecil yang halus dan berwarna-warni menutupi seluruh wilayah pantai.

Glass BeachPada tahun 2002, California State Park membeli 38 hektare tanah Glass Beach. Dan, setelah pembersihan itu, wilayah pantai tergabung ke dalam State Park MacKerricher. Semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Jumlah wisatawan pun meningkat setiap tahun. Dan, banyaknya wisatawan yang mengambil barang-barang menarik dari pasir untuk dibawa pulang sebagai souvenir, membuat pemerintah turun tangan. Menyatakan pantai tersebut dilindungi sebagai objek wisata.

Meki tidak dapat membawa pulang pasir indah pantai itu sebagai souvenir, wisatawan tetap dapat berfoto di tengah hamparan pasir pantai yang berwarna-warni. Yang penting, Anda harus tetap hati-hati karena pasir dari serpihan kaca tersebut dapat memicu luka.

Eid al-Fitr as Unity and Tolerance Moment, Minister Pandjaitan Says

Glass Beach

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Idul Fitri 2024

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024