Rumah Mantan Menteri Pertahanan GAM Digranat

Zaini Abdullah (kiri).
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Rumah mantan menteri pertahanan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Zakaria Saman di Komplek Villa Citra, Lampineung Banda Aceh digranat orang tak dikenal pada Senin 25 Juni 2012 sekitar pukul 04.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Granat merusak kaca  depan kamar depan, plafon, dan kanopi rumah. Serpihan granat juga merusak sebuah mobil jenis Ford Fiesta warna putih yang diparkir di depan rumah. “Saat kejadian saya masih tertidur, terdengar ledakan keras, saat saya ke luar kaca rumah pecah dan ada serpihan granat di dinding,” kata Zakaria Saman, pemilik rumah.

Ssaat kejadian beberapa anggota keluarganya juga masih terjaga karena menonton pertandingan sepakbola. Mereka juga dikagetkan dengan suara ledakan keras itu. “Menurut keterangan mereka sebelum mendengar ledakan, mereka mendengarkan suara sepeda motor,” katanya.

Beberapa saat usai peristiwa itu tim dari Gegana Polda Aceh datang menyambangi rumah itu. Mereka mengumpulkan serpihan dan mengidentifikasi lokasi guna menemukan petunjuk dari aksi peledakan itu. “Kata polisi granat yang dilemparkan itu berjenis granat manggis, diperkirakan ada dua orang pelaku yang datang dengan menggunakan sepeda motor,” ujarnya.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Moffan MK, mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus ini. Sementara polisi hanya mengumpulkan bukti-bukti di lapangan untuk mencari benang merah dari kejadian ini. “Kita akan menyelidiki lebih jauh kasus ini, tim kita sedang bekerja,” ujarnya.

Peristiwa penggeranatan rumah mantan menteri pertahanan GAM itu hanya berselang beberapa jam menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, yang merupakan representasi dari Partai Aceh, partai lokal bentukan para mantan kombatan GAM.

Zakaria juga terlibat aktif di Partai dan ikut menjadi tim pemenangan pasangan Gubernur dan wakil Gubernur Aceh terpilih itu. (umi)

5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia

Timnas Indonesia U-23 diminta melupakan kekalahan saat melawan Timnas Qatar U-23. Garuda Muda takluk 0-2 dari tuan rumah di Jassim Bin Hamad Stadium, Senin 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024