Menkes: Anggaran Kondom Rp25 M Milik BKKBN

Menkes Nafsiah Mboi Raker dengan Komisi IX DPR
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kampanye kondom yang digalakkan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi terus menuai kritik. LSM Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyebut anggaran kampanye kondom mencapai Rp25 miliar. Terkait anggaran itu, Menteri Nafsiah meluruskan.

"Yang Rp25 miliar itu dibeli oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Anggaran BKKBN untuk keluarga berencana. Di Kemenkes tidak ada sama sekali, dari Kuasa Pengguna Anggaran tidak ada. Murni dari BKKBN," kata Nafsiah Mboi saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Jakarta, Senin 25 Juni 2012.

Kemenkes hanya memberi kondom gratis kepada penduduk miskin yang sumber dananya berasal dari Global Fund. Tetapi itu jumlahnya pun sangat sedikit dan tidak terlalu signifikan. "Hanya kepada penduduk miskin supaya tidak tertular penyakit," kata mantan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS ini.

Nafsiah sekali menegaskan program kampanye kondom yang menjadi kontroversi. Program itu hanya dipromosikan di tempat-tempat yang berpotensi terjadi hubungan seks beresiko.

Contohnya, di tempat pelacuran seluruh provinsi. Ini dengan tujuan untuk melindungi masyarakat terhadap penularan HIV. "Disangkanya dibagi di sekolah-sekolah. Tidak sama sekali, tidak pernah. Terencana pun tidak, ngomong pun tidak," kata menteri yang juga mantan istri Gubernur NTT Ben Mboi ini.

LSM Fitra menyebut lelang pengadaan kondom tahun anggaran 2012 sudah selesai dilakukan. Pengumuman Jadwal Lelang dipublikasi pada tanggal 9 Januari 2012 sampai 19 januari 2012, serta penandaan kontrak sudah dilakukan mulai tanggal 7 Februari sampai 17 Februari 2012.

Dan pemenang tendernya adalah PT Kimia Farma Trading & Distribution yang berkantor pada Jalan Budi Utomo No 1 Jakarta Pusat, dengan harga pemenang tender sebesar Rp24,8 miliar. Alokasi dalam pagu anggaran APBN tahun 2012 sebesar Rp25,2 miliar.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024