Lima Alasan Anda Perlu Liburan

Berlibur ke pantai
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Bila Anda merasa jenuh dengan kehidupan dan kesibukan sehari-hari, saatnya mengambil cuti dan menikmati liburan. Bahkan, sebuah liburan singkat memberi manfaat yang bisa dirasakan bukan hanya pada fisik tapi juga mental Anda.

Mau tahu, mengapa Anda harus merencanakan liburan? Oprah.com mengulas lima alasan yang telah terbukti secara ilmiah:

1. Liburan melindungi kesehatan jantung


Sebuah studi yang melibatkan hampir 13.000 pasien jantung berisiko tinggi, membuktikan, mereka yang rutin mengambil cuti tahunan untuk berlibur mampu memanngkas risiko kematian akibat serangan jantung hingga 29 persen.

2. Memperpanjang usia


Penelitian yang sama menemukan bahwa orang yang berlibur secara teratur memiliki risiko 17 persen lebih rendah mengalami kematian dari berbagai macam sebab.

3. Membuat bahagia bahkan sebelum berlibur


Ilmuwan Belanda menemukan bahwa hanya mempersiapkan perjalanan liburan, akan menaikkan level kebahagiaan seseorang. Dan sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2009 dalam jurnal Psychosomatic Medicine menemukan bahwa liburan dan kegiatan santai lainnya mengarah ke pandangan yang lebih positif dan mengurangi risiko depresi.

4. Meningkatkan kualitas hubungan

Harga Emas Hari Ini 18 April 2024: Antam Tembus Rekor Termahal, Global Naik

Penelitian oleh Studi Kesehatan Perempuan di Pedesaan mengungkapkan hubungan langsung antara frekuensi liburan dan kemungkinan kepuasan dalam pernikahan. Semakin banyak waktu berlibur, seorang wanita akan merasa semakin bahagia saat berada di rumah dan keluarganya.

5. Meningkatkan produktivitas

Sejumlah penelitian pada pekerja telah menunjukkan bahwa liburan adalah waktu yang sangat penting untuk memulihkan diri dari stres. Proses ini merupakan kunci kesejahteraan dan pembangkit kinerja pada pekerjaan.

Mau Beli Toyota Rush GR Sport, Segini Cicilannya per Bulan
Duel Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yakin Timnas Indonesia U-23 Dapat meraih hasil positif di Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024