Kapolri Tegur 3 Jenderal Salah Ucap Sertijab

Irjen Pol. Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menegur perwira yang salah mengucapkan laporan serah terima jabatan. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga perwira yang dilantik salah mengucapkan laporan saat serah terima jabatan.

Mereka yang salah ucapkan jabatan adalah perwira yang baru saja diangkat menjadi Kapolda Jambi, Brigjen Polisi Ade Husen Kartadipoera, mantan Kapolda Gorontalo Brigjen Polisi Irawan Dahlan, serta mantan Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Polisi Bambang Widaryatmo.

Irawan Dahlan dan Bambang Widaryatmo salah dalam mengucapkan laporan "tugas dan tanggungjawab" yang seharusnya mengatakan "tugas dan kewajiban", saat upacara serah terima jabatan di gedung ruang rapat utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 2 Juli 2012.

Akibat kesalahan ini, Timur Pradopo dengan nada tinggi meminta mereka mengulang laporan berkali-kali. "Saya minta ulangi lagi," kata Timur.

Kesalahan Brigjen Polisi Ade Husen Kartadipoera lain lagi. Dia salah sebut, harusnya dilantik menjadi Kapolda Jambi tapi dia sebut Kapolda Bali.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Laporan, janji dan sumpah jabatan, kata Timur, adalah langkah awal dimulainya tugas baru. Oleh karena itu, Timur melanjutkan, seharusnya tak boleh salah dalam melafalkan, apalagi serah terima jabatan ini sudah dilakukan berkali-kali.

"Ucapan itu seharusnya sudah hapal, dan mustinya itu adalah sesuatu yang tidak boleh salah. Itu adalah langkah petama melaksanakan tugas. Seharusnya lafal sertijab harus dilakukan sedangan baik dan benar," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Kesalahan pada langkah pertama mengemban tugas baru ini, kata Timur, adalah cermin bagaimana melaksanakan tugas berikutnya. "Mudah-mudahan nanti tidak terjadi. Menjadi tanggung jawab saya untuk mengawasi," kata Timur.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan
Duel AS Roma vs AC Milan

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

AS Roma berhasil menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024