DPR: Tank Leopard Jerman Belum Diputuskan

Tank Leopard
Sumber :
  • http://www.militaryphotos.net

VIVAnews - Komisi I Bidang Pertahanan DPR belum mendapat keterangan resmi dari pemerintah soal rencana pembelian tank Leopard dari Jerman. Untuk itu, parlemen akan mengundang Kementerian Pertahanan untuk membicarakan rencana itu. 

"Itu berarti rencana pindah pemerintah, yang awalnya ingin membeli dari Belanda tapi sekarang menyebut akan membeli dari Jerman," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Tb. Hasanuddin kepada VIVAnews, Selasa 3 Juli 2012.

Menurut Hasanuddin, sampai sekarang belum ada keputusan final untuk membeli tank Leopard. Karena, belum ada pembicaraan akhir antara Komisi I dengan Kementerian Pertahanan soal rencana pembelian tank yang diperkirakan menelan anggaran sebesar US$280 juta ini.

Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin kemarin mengatakan, sebanyak 15 unit tank Leopard asal Jerman akan datang ke Indonesia pada Oktober 2012. Jumlah itu akan bertambah sebanyak lebih kurang 100 unit secara bertahap hingga Oktober 2014.

Sjafrie mengatakan pemerintah sudah berkomunikasi dengan Ketua Panja Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Komisi I DPR Tb. Hasanuddin dan Menteri Pertahanan Belanda.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

"Itu baru pernyataan Pak Sjafrie bahwa baru akan beli, tapi belum dilakukan pembelian," kata Hasanuddin yang juga mantan Sekretaris Militer di era Presiden Megawati Soekarnoputri ini.

Hasanuddin melanjutkan, dalam waktu dekat Komisi I akan mengundang Kementerian Pertahanan untuk membahas pembelian tank Leopard ini. Terkait perbedaan spesifikasi tank buatan Belanda dan Jerman, menurut dia tidak ada banyak perbedaan. Spesifikasi keduanya cenderung sama.

"Hanya saja, kalau dari Belanda itu tank bekas, sedangkan dari Jerman baru. Tapi, tank dari Jerman itu stok pabrik dan sudah tidak diproduksi lagi," dia menerangkan. (kd)

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing
Pembayaran Bukalapak paylater

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Mudik lebaran menggunakan mobil, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan tidak ada kendala.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024