BMKG: Kabut Asap Thailand Bukan Dari Sumatera

Kabut Asap
Sumber :
  • ANTARA/Untung Setiawan

VIVAnews - Kabut asap yang mengganggu pelayaran di Thailand, bisa dipastikan bukan akibat kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatera. Sebab, data dari Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, titik api di Sumatera cuma satu.

"Titik api di Sumatera hari ini cuma satu, yakni berada di Riau," ujar Staf Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Yudistira Mawaddah, Rabu 4 Juli 2012.

Ketika disebutkan kemungkinan asap tersebut merupakan kabut dari titik api beberapa waktu lalu, Yudistira menjelaskan bahwa kemungkinan itu tidak mungkin.

"Karena menurut sirkuliasinya asap itu bergerak sesuai arah angin. Arah angin bergerak dari Barat Daya ke Tenggara. Jadi, kemungkinnya sampai ke Singapura dan Malaysia," jelasnya.

Kalau Malaysia dan Singapura kena, menurut Yudistira, baru ada potensi asap berlanjut sampai ke Thailand. Tapi itu melihat pergerakan angin di kawasan setempat. Beberapa hari belakangan, tambahnya, titik api di Sumatera sangat minim.

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”
Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan rencana pertemuan dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto masih menunggu waktu yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024