Candi Borobudur Masuk Guinness World Records

Candi Borobudur berselimut kabut diabadikan dari bukit Puntuk Setumbu Magelang
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin

VIVAnews - Candi Borobudur masuk Guinness World Records sebagai situs arkeologi, candi Budha terbesar di dunia. Hingga saat ini belum ada satu punĀ  negara yang mengklaim memiliki candi yang besarnya melebihi Borobudur.

Direktur Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero), Purnomo Siswoprasetjo, mengatakan proses penilaian Candi Borobudur menjadi situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia sejak tiga bulan yang lalu.

"Candi Borobudur memang the largest archaeologist Buddhist yang ada di dunia. Oleh sebab itu, kami menghubungi pihak Guinness World Records untuk mendaftarkannya," kata dia kepada VIVAnews, Rabu malam, 4 Juli 2012.

Lebih lanjut, Purnomo mengungkapkan bahwa Guinness World Records sudah memiliki daftar candi-candi di dunia dan sudah melakukan survei ke sejumlah tempat. Hanya saja hingga saat ini belum ada yang mengklaim sebagai candi terbesar.

"Memang mereka sudah melakukan survei, hasilnya benar bahwa Borobudur yang paling besar. Karena belum ada yang mengklaim, jadi kita yang mengklaim," paparnya.

Setelah mengklaim sebagai candi yang terbesar, kata dia, selanjutnya klaim itu diterima dan dimasukkan daftar oleh Guinness World Records. Akhirnya tanggal 27 Juni 2012, candi peninggalan Wangsa Syailendra itu menjadi situs arkeologis candi Budha terbesar di dunia.

Borobudur memiliki ukuran 123x123 meter persegi (403 x 403 kaki) dan volume bangunan sebesar 60.000 meter kubik (m3). (eh)

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim
Serangan Israel di RS Al-Shifa (Doc: Anadolu Ajansi)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 200 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024