Menhan Sempat Ragukan 4 Hercules Australia

Pesawat Hercules TNI AU
Sumber :
  • tni-au.mil.id

VIVAnews - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengaku sempat meragukan kondisi empat pesawat C130 Hercules bekas yang akan dihibahkan Australia ke Indonesia. Purnomo pun memastikan kelayakan empat pesawat itu kepada TNI Angkatan Udara.

"Saya sudah tanya ke TNI AU kenapa kamu mau terima ini. Jawabnya, jam terbangnya masih bisa untuk 10-15 tahun. Saya pesimistis ini, tadinya mereka bilang malah 20 tahun," kata Purnomo di Istana Negara, Jakarta, Jumat 6 Juli 2012.

Namun, keraguan Purnomo terhadap pesawat itu terkikis. Sebab, untuk dinyatakan layak, pesawat perlu perawatan berkala sebagaimana pesawat lain pada umumnya. Dan Purnomo yakin Austalia melakukan perawatan  pada keempat pesawat ini dengan baik dan benar. "Yang jelas masa terbangnya kan masih panjang, makanya kita ambil," ujar Purnomo.

Kementerian Pertahanan saat ini tengah menanti kepulangan tim inspeksi yang dikirim ke Australia untuk mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk memperbaiki pesawat-pesawat itu. Setelah dapat rinciannya, anggaran itu kemudian diajukan ke APBN. "Nanti berapa baru kita ajukan ke DPR," tutur dia.

Soal anggaran untuk perbaikan pesawat hibah itu, Kemenhan akan meninjaunya. Jika dana yang diperlukan kecil, bisa diambilkan dari pos lain. Dana itu bisa juga diajukan dari pos APBN 2012. Jika anggaran dianggap terlalu besar, bisa juga dimasukkan ke APBN 2013. "Tergantung tim nanti," ujarnya.

Purnomo juga menanggapi kritik tajam anggota Komisi I DPR yang menyatakan hibah empat Hercules itu merugikan karena pemerintah harus merogoh kocek terlalu dalam. Menurut dia, tudingan itu belum berdasar. Sebab, tim yang dikirimkan untuk mengetahui biaya perbaikan belum mengetahui berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade pesawat tersebut.

"Makanya sabar dulu, minum pil sabar, tunggu tim kita datang, ya to? Biar dia lapor dulu. Ke kita nanti kita olah lagi, nanti kita akan bilang ini kemahalan apa gimana, baru kita ajukan ke DPR," katanya. (umi)

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
Abibayu

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Berdasarkan pengalaman sebagai konten kreator, Abibayu memberikan rekomendasi produk terbaik yang menurutnya sangat mendukung kegiatan sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024