Gubernur Jabar: Kopi Baik Bagi Ibu-ibu

Ahmad Heryawan memegang anggrek persilangan
Sumber :
  • Humas Jabar

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengimbau masyarakat mengonsumsi teh dan kopi lokal secara teratur. Selain menyehatkan tubuh, konsumsi kopi dan teh lokal secara terus menerus juga turut membantu kesejahteraan petani lokal.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Seruan itu dilontarkan Heryawan saat melepas peserta Jalan Sehat dalam rangka Festival Teh dan Kopi tahun 2012. Acara berlangsung di Gedung Negara Pakuan, Jalan Ottoiskandar Dinata No.1 Kota Bandung, Minggu 8 Juli 2012 pagi.

Bagi dia, teh dan kopi banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh asalkan dikonsumsi dengan berimbang dan tidak berlebihan. Heryawan pun menyoroti khasiat kopi bagi kaum hawa.

“Kopi itu baik bagi para ibu karena khasiat kopi mampu menghaluskan kulit, sehingga bagus untuk kaum perempuan biar kulitnya halus,” ujarnya disambut tepuk tangan para peserta jalan sehat.

Selain itu, konsumsi teh dan kopi hasil produksi lokal diharapkan juga mampu meningkatkan kesejahteraan para petani. Jawa Barat merupakan penghasil teh terbesar di Indonesia dan memiliki lahan kopi potensial seluas 600.000 hektar yang tersebar di 6 kabupaten.
 
“Coba bandingkan dengan luas lahan kopi di Vietnam yang seluas 500.000 hektar mampu menjadi produsen kopi terbesar kedua setelah Brazil," kata Heryawan.

Karna itu, Heryawan yakin, tidak mustahil jika dikelola dengan sungguh-sungguh dan profesional, Jawa Barat akan mampu menjadi penghasil teh dan kopi terbesar, tidak hanya di Indonesia juga di dunia.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sudah tentu untuk mengarah ke sana perlu perencanaan dan pelaksanaan serta dukungan semua pihak. "Juga perlu dukungan khusus warga Jawa Barat untuk rutin mengonsumsi teh dan kopi lokal produksi petani kita,” tutur Gubernur yang disokong Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional itu.

Heryawan juga meresmikan empat unit pabrik pengolah kopi “Java Preanger” yang tersebar di Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Ciamis dan Garut.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Dia juga berharap ajang jalan sehat ini menjadi budaya masyarakat Jawa Barat yang menjadikan olahraga sebagai kebutuhan. Pada kesempatan itu, 
“Dengan jalan sehat, kita berharap warga Jawa Barat menjadi sehat dan bugar," kata Heryawan. "Jalan sehat menjadi salah satu kegiatan yang harus didorong menjadi kebiasaan."

Heryawan menyatakan, selain olahraga, hal penting lainnya menjaga kecukupan gizi seimbang melalui asupan makanan yang sehat dan tidak berlebihan. Jadi, "olahraga teratur dibarengi asupan makanan yang bergizi seimbang serta kurangi asupan makanan ataupun minuman yang tidak baik,” ujar Heryawan di hadapan ratusan peserta jalan sehat. (ren)
 

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024