Tips Berlibur Ke Luar Negeri Sendiri

XL One Tariff
Sumber :

Libur telah tiba,libur telah tiba…

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Hore,Hore,Hore…

Simpanlah tas dan bukumu…

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Lupakan keluh kesahmu...

Libur telah tiba,libur telah tiba…

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Hatiku gembira!....(Libur Telah Tiba – dinyanyikan oleh Shafa Tasya Kamila) 

VIVAnews - Sepenggal lagu yang dinyanyikan penyanyi Tasya tersebut tentu mengingatkan kita akan arti sebuah liburan buat keluarga tercinta, khususnya anak-anak kita. 

Karena liburan merupakan saat-saat yang sangat dinantikan oleh semua orang, termasuk libur akhir tahun (tahun baru dan hari raya), maka harus  dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk melakukan kegiatan yang tak terlupakan. 

Karenanya diperlukan perencanaan tepat untuk menikmati liburan, salah satunya adalah bagaimana kita dapat membuat liburan yang berkualitas, berkesan, menarik, namun tidak memberatkan dompet. Ini penting agar tidak menyisakan kesulitan keuangan di kemudian hari. 

Karena sekarang masih musim liburan, beberapa agen travel dan maskapai penerbangan sudah mempersiapkanperiode ini dengan menawarkan promo dan paket-paket liburan menarik. 

Di antara berbagai tawaran, mungkin ada yang mempunyai ide untuk liburan sendirian ke luar negeri? Siapa takut, toh sekarang kita di zaman serba digital, informasi sangat mudah diakses untuk mempersiapkan perjalanan agar nyaman walau sendirian di negeri orang. 

Berikut adalah beberapa tips jika ingin berlibur sendirian ala backpacker:

Pertama, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tempat yang hendak dituju, bisa melalui googling, bing-ing, wikipedia-ing, forum-ing dan manfaatkan semua channel.  

Jika berpergian tanpa biro travel, yang paling utama adalah mencari tahu tempat penginapan, apakah aksesnya mudah (transportasi), cuaca pada saat nanti berkunjung, spot-spot menarik, kuliner (jika penyuka wisata kuliner) dan kebudayaan (jika menyukai acara kebudayaan dan tradisi setempat).

Kedua, persiapkan paspor dan visa.  Jika ini adalah perjalanan pertama ke luar negeri dan mengurus paspor sendiri, lagi-lagi rajinlah menggali informasi dari internet tentang tata cara dan teknisnya. Bertanya kepada teman yang sudah pernah mengurus paspor juga sangat disarankan, namun  bekali diri terlebih dahulu dengan informasi dari hasil googling.

Ketiga, jika kamu menggunakan smartphone, maksimalkan gadgetmu untuk kemudahan selama di tempat tujuan. Sekarang ini apa sih yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone? Cek market/app world gadgetmu, search aplikasi yang mendukung untuk travelling. Sebagai contoh untuk Android, ada kategori khusus untuk “travel and local”.

Install aplikasi-aplikasi dasar seperti travel advisor, maps,dan petunjuk transportasi. Selain itu ada juga aplikasi seperti kamus dan everyday conversation, yang membantu kita untuk berkomunikasi jika kemampuan bahasa asing kita kurang.  Jangan lupa untuk membawa cadangan baterai.

Keempat, packing yang efektif dan efisien. Karena sudah mengetahui cuaca di tempat tujuan dan gambaran mengenai keadaan kotanya, semestinya bisa memperkirakan pakaian seperti apa yang pas dengan kondisi setempat.  Karena bepergian sendiri, maka barang yang dibawa jangan sampai merepotkan. Susun, check list apa saja yang perlu dibawa, dari obat hingga colokan T.

Kelima, hubungi teman-teman atau network kamu yang berdomisili di tempat tujuan. Adanya teman sangat membantu jika terjadi apa-apa di tempat asing. Bergabung ke forum/milis atau komunitas sangat membantu untuk mendapatkan teman/kenalan sesama penggemar traveling seperti couch surfing.

Keenam, untuk kebutuhan berkomunikasi yang memudahkan dan bersahabat bagi kantung, pilih simcard yang murah dan banyak partner roaming di luar negeri sehingga tidak repot gonta-ganti simcard

Untuk itu, kamu bisa pakai XL One Tariff yang dijamin murah dan mudah. Sama sekali gak ribet. Cukup dengan Rp3.500 per menit untuk telepon keluar dan menerima panggilan dan biaya per SMS cuma Rp3.500. 

Bahkan bagi pengguna BlackBerry bisa menikmati gratis roaming internasional. Tarif ini berlaku untuk pengguna XL Pra Bayar dan Pasca Bayar. Sungguh mudahkan? Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini . (WEBTORIAL)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya