Magelang Dilanda Hujan Abu Merapi

Hujan Abu Vulkanik
Sumber :
  • ANTARA/Wihdan Hidayat

VIVAnews - Dua desa di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yaitu desa Cengi dan Sewukan dilanda hujan abu vulkanik.

Hujan yang abu tersebut, diduga kuat karena lereng sisi selatan-barat Gunung Merapi longsor sehingga menimbulkan guguran material vulkanik (abu) dan menyebar tertiup angin ke arah dua desa yaitu desa Cengi dan Sewukan.

"Hujan abu terjadi sejak pukul 18.00 WIB petang tadi," kata Cabhibulah, relawan GP Anshor Magelang kepada VIVAnews, Minggu 15 Juli 2012

Meski terjadi hujan abu, menurutnya, tidak membuat dua warga desa yang jaraknya dengan puncak Gunung Merapi sekitar 6 kilometer itu harus mengungsi. "Tidak ada yang mengungsi sejauh ini. Listrik juga menyala normal," ujarnya.

Dia menambahkan, jalur Yogya-Semarang juga normal karena hujan abu tidak sampai jauh ke bawah. Malah, arah longsor mengarah ke kali llamat dan Senowo. "Guguran material vulkanik berupa debu mengarah ke sungai Senowo dan kali llamat," tuturnya. (umi)

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK
Eko Patrio

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Eko Patrio menggelar acara Halal bihalal di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024. Eko mengundang sederet artis dan komedian senior.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024