Janji Saat Kampanye, Warga Tagih Gubernur

VIVAnews - Sekitar 300 orang mengatasnamakan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) Sulsel, berunjukrasa ke kantor Gubernur Sulsel, Rabu, 25 Februari 2009. Mereka menagih janji Gubernur Sulawesi Selatan, Syahril Yasin Limpo, mengenai kebijakan kesehatan gartis bagi masyarakat miskin.

Aksi yang didominasi ibu-ibu tersebut dengan cara longmarch dari Taman Makam Pahlawan ke Kantor Gubernur Sulsel, di Jl Urip Sumoharjo.

"Kami keluarga miskin belum merasakan janji Pak Gubernur Sulsel. Padahal sudah menjabat lebih dari satu tahun," kata Ketua SRMI Sulsel, Wahidah Upa, ditengah massanya.

Dalam selebarannya, SRMI mencatat lebih dari 10 kasus dari keluarga miskin yang ditolak oleh RS di Sulsel sepanjang stahun 2008-2009. Mereka ditolak karena alasan tidak memiliki identitas lengkap yang menjadi syarat RS. Seperti Jaminan Kesehatan Masyarakat (jamkesmas).

"RS masih bertindak diskriminasi terhadap warga miskin. Semestinya RS mendahulukan penanganan masyarakat miskin sebelum mempertanyakan syarat administrasi. Apalagi aturan Jamkesmas adalah aturan baru yang belum tersosialisasi maksimal," tambahnya lagi.

Untuk itu, SRMI Sulsel mendesak kepada Pemprov Sulsel untuk membuktikan janji mereka disaat kampanye dulu. Pasalnya, pelanggaran janji saat pilkada sama saja sebagai tindakan pembohongan publik.

SRMI Sulsel juga meminta dinas kesehatan menindak seluruh RS di Sulsel yang menolak pasien keluarga miskin. Sebab persoalan tersebut lebih pada faktor menyelematkan jiwa manusia.

"Kami kecewa karena persoalan kemanusiaan dihitung dengan uang. Bagaimana dengan kami yang tidak memiliki uang," teriak Muliyani, salah seorang ibu-ibu sambil menangis.

Aksi yang berlangsung lebih dari 1 jam tersebut menyebabkan kemacetan di Jl Urip Sumoharjo. Pasalnya pengunjukrasa tertahan di pintu gerbang Pemprov Sulsel, sehingga ratusan massa itu berjubel hingga jalan raya. Meski demikian, aksi tersebut berlangsung aman dan dikawal ketat sekitar 150 Polisi dari Polresta Makassar Timur.

Pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel tahun 2007 lalu. Dalam kampanyenya, pasangan yang biasa disebut SAYANG ini, memprioritaskan kesehatan gratis sebagai program mereka. Tapi faktanya, program kesehatan gratis tersebut belum sepenuhnya dirasakan oleh keluarga miskin.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Hadiri Akad Nikah Putri Gubernur Jambi

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto bersama istri menghadiri akad nikah Esy Risdianti, putri sulung Gubernur Jambi Al Haris.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024