Jamaah Naqsabandi Sudah Mulai Puasa Ramadan

Menentukan awal puasa
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Penganut Jamaah Tarekat Islam Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat, sudah memulai berpuasa Ramadan, Rabu 18 Juli 2012. Jamaah ini selalu memulai puasa lebih awal dari jadwal yang ditetapkan pemerintah.

Selasa malam kemarin, mereka sudah memulai salat tarawih berjamaah di musala Baitul Makmur dan Surau Buluah di Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang.

"Kita selalu berpedoman pada hisab munjit untuk memulai puasa," kata Sekretaris Naqsabandiyah Sumatera Barat, Edizon Revindo kepada VIVAnews.

Penentuan awal Ramadan tahun ini ditetapkan pekan kemarin melalui sidang para ulama Jamaah Naqsabandiyah. Kalender berdasarkan hisab munjit ini juga diperkuat dengan melihat bulan pada pertengahan bulan Sya’ban.

Diperkirakan, ada 8.000 jamaah tarekat ini di Sumbar. Mereka tersebar di sejumlah daerah seperti Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang, dan Kabupaten Solok Selatan.

Meskipun Naqsabandi kerap berbeda dalam menetapkan awal ramadhan dan hari besar Islam lainnya, menurut Edizon, hal ini tidak perlu dipertentangkan. "Perbedaan itu kan rahmat," ujar Edizon.

Diperkirakan, ajaran Tarekat Naqsabandiyah masuk ke Pauh, Padang, sejak awal abad ke-19. Dibawa oleh Maulana Syekh H Muhammad Thaib bin Ismail. Dia merupakan ulama asli Pauh yang menimba ilmu di Mekah. (eh)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024