Joko Tjandra Bangun Imperium Bisnis di PNG

Identitas Joko Tjandra di situs Interpol
Sumber :
  • interpol.go.id

VIVAnews - Kejaksaan Agung mengungkapkan buron Joko Tjandra tidak hanya sekedar melarikan diri di Papua Nugini (PNG). Di negara sebelah timur Indonesia itu, Joko ternyata membangun imperium dagangnya.

"Yang bersangkutan punya usaha di sana. Punya pesawat sendiri. Cukup besar dan cukup signifikan," kata Wakil Jaksa Agung Darmono, di Jakarta, Kamis 27 Juli 2012.

Meski demikian, Darmono enggan menyebut sebesar apa aset yang dimiliki Joko di Papua Nugini. Dia hanya menegaskan bahwa Joko harus segera dipulangkan.

"Kami tidak boleh mengira-ngira. Yang jelas dia harus segera pulang ke Indonesia agar menjalani proses hukum," ujarnya.

Darmono menambahkan bahwa Kejaksaan sampai saat ini masih menunggu keterangan dari pemerintah Papua Nugini. "Kami selalu berkomunikasi dengan dubes. Dubes baru kembali ke Papua, ke Indonesia lagi pekan depan," katanya.

Joko Tjandra adalah buronan kasus cessie Bank Bali. Mahkamah Agung memvonis dua tahun penjara. MA juga memerintahkan Joko membayar denda Rp15 juta subsider tiga bulan penjara. Selain itu, dana di Bank Bali sejumlah Rp546 miliar dirampas untuk negara.

Joko kemudian diketahui sudah terbang ke Papua Nugini menggunakan pesawat sewaan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sehari sebelum MA membacakan putusan itu pada 2009. Hingga kini ia masih masuk daftar buron Kejaksaan Agung dan Interpol. Belakangan ia diketahui punya kewarganegaraaan Papua Nugini.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024