Menkopolkam: Tak Ada Rebutan Berkas KPK-Polri

Mobil KPK dihadang Usai Geledah Korlantas Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto membantah ada rebutan berkas saat Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah kantor Korps Lalu Lintas Mabes Polri di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Djoko juga membantah petugas polisi menahan penyidik KPK.

"Tidak ada (rebutan berkas)," kata Djoko Suyanto di gedung Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa 31 Juli 2012.

Djoko menjamin, Polri mendukung penuh pengusutan kasus dugaan pengadaan alat pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan tersangka Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo. Djoko juga menegaskan, tidak ada petugas polisi yang menahan para penyidik KPK saat menggeledah.

Yang terjadi adalah, tempat itu ditutup agar tidak mengganggu proses penggeledahan KPK. Lokasi penggeledahan juga ditutup agar steril.

"Bukan ditahan. Proses untuk pemeriksaan penyidikan untuk soal barang bukti cukup panjang dan lama, sebagaimana di tempat lain juga begitu. Hanya ditutup karena tidak terganggu banyak pihak yang tidak berkepentingan, itu saja," kata Djoko.

Djoko menambahkan, barang hasil penggeledahan sudah disegel dan diawasi bersama. "Nah kan sekarang barang itu sudah ada, dan sudah disegel bersama dan diawasi bersama," ujar Djoko.

Proses penggeledahan KPK ini sempat menghadapi kendala. Penyidik-penyidik KPK sempat tertahan oleh petugas polisi yang menutup pintu gerbang dengan portal. Polri sendiri membantah melakukan penghadangan. (adi)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024