Kabareskrim: Ini Rumah Kapolri

KPK Geledah Korlantas Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Markas Besar Polri menegaskan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi tidak pernah memberitahukan saat akan melakukan penggeledahan kantor Korps Lalu Lintas Polri di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, pada Senin petang 30 Juli 2012 lalu. Bagi Polri, itu melanggar etika.

"Ini rumahnya orang, yang punya adalah Pak Kapolri dan Pak Kapolri tidak diberitahukan," kata Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Polisi Sutarman dalam konfrensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 3 Agustus 2012.

Menurut Sutarman, sebelum penggeledahan kantor Korps Lantas itu ada pertemuan antara Ketua KPK Abraham Samad dengan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo. Sutarman tidak merinci kapan, di mana dan apa isi dari pertemuan itu.

Tetapi, kata Sutarman, dalam pertemuan itu Abraham Samad sama sekali tidak memberitahukan akan ada penggeledahan di Korlantas. Penggeledahan atas kasus dugaan korupsi pengadaan alat simulator pembuatan Surat Izin Mengemudi, dengan tersangka mantan Kepala Korlantas Irjen Pol Djoko Susilo.

"Ketua KPK saudara Abraham Samad waktu ketemu Bapak Kapolri tidak sedikit pun menyampaikan penggeledahan. Kemudian jam 4 sore langsung digeledah. Etikanya pun ditabrak, MoU ditabrak," kata Sutarman.

Penggeledahan saat itu memang sempat terhenti sampai akhirnya pimpinan KPK dan Sutarman hadir di lokasi. "Oleh karenanya saya katakan bahwa kita diskusikan dan penggeledahan dilanjutkan," kata Sutarman.

Selasa 31 Juli lalu, Abraham Samad mendatangi Timur Pradopo di Mabes Polri. Keduanya bertemu membahas soal kasus yang membelit Jenderal Bintang Dua itu.

Abraham Samad menegaskan KPK tidak akan kesulitan mendapatkan berkas-berkas dari kasus itu. Sebab, sudah ada kerjasama dengan Polri. Termasuk kesepakatan soal barang bukti hasil penggeledahan.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

"Bahwa barang bukti itu akan dibawa ke KPK untuk diverifikasi. Kemudian yang dibutuhkan oleh kepolisian akan kami kembalikan," kata Abraham Samad, Selasa lalu. (eh)

Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024