Manusia Versus Harimau di Riau

Dua Warga Meninggal, Harimau Tewas Empat

VIVAnews - Dalam hitungan tiga pekan terakhir empat ekor Harimau Sumatera mati dibantai warga. Ini merupakan imbas konflik yang terjadi di Kabupetan Indragiri Hilir, Riau.

Pembunuhan pertama terjadi 10 Januari, dua ekor, harimau remaja, jantan dan betina mati dijerat warga. Sepekan kemudian 16 Februari 1 ekor Harimau kembali mati, dan yang terakhir, hari ini, Kamis 26 Februari, satu ekor Harimau dewasa juga mati di bantai warga.
 
Menurut Humas WWF Riau Syamsidar, penjeratan yang dilakukan warga ini merupakan bentuk kekesalan yang mengklaim dalam hitungan sebulan binatang buas itu, keluar masuk perkampungan.

Disamping itu, banyak ternak milik warga juga jadi korban harimau itu. "Konflik yang seperti ini, seharusnya segera ditangani pemerintah," kata Syamsir ditemui diruang kerjanya, Kamis, 26 Februari 2009.

Karena lanjut Syamsir, apapun alasannya warga tidak dibenarkan melakukan penjeratan dan pembunuhan terhadap hewan yang dilindungi. Yang berhak melakukan Departemen kehutanan melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam," ujarnya.

Berdasarkan data WWF, empat ekor Harimau yang tewas itu, diperkirakaan berasal dari Hutan Lindung Kerumutan yang berdekatan dengan Kecamatan Pelisiran di Kabupaten Indragiri Hilir.

Hutan Lindung Kerumuatan juga salah satu dari sekian banyak habitat Harimau di Riau. Harimau biasanya terdesak dari habitatnya masuk ke perkampungan penduduk karena hutan tersebut sudah beralih fungsi.

Dengan demikian maka Harimau akan mencari makan keluar dari habitatnya dan memasuki perkampungan penduduk, kata Syamsidar.

Sementara Direktur Eksekutif Walfi Riau, Joni Esmundung mengatakan, bahwa pembantaian Harimau yang dilakukan warga Idragiri Hilir juga didalangi soal ekonomi. Artinya isu konflik dimanfaatkan pemburu liar untuk membantai Harimau.

Disatu sisi Harimau itu memiliki nilai ekonomi tinggi, karena seluruh organ tubuhnya bisa dijual dengan harga yang mahal. "Departemen Kehutanan harus segera mengusut kasus pembantaian Harimau di Riau, polisi juga jangan tinggal diam," pintanya.

Laporan: Hafiz Hasian | Riau

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024