VIDEO: Masjid Unik Mirip Pura di Bali

Masjid Bali
Sumber :
  • VIVAnews/Boby Andalan

VIVAnews -- Masjid Al-Hikmah di Bali menjadi simbol akulturasi budaya dan kerukunan antar umat. Masjid yang terletak di Jalan Soka, Denpasar itu kental dengan arsitektur Bali dan dihiasi ukiran khas Pulau Dewata.

Dari kejauhan, orang bisa salah mengira, bangunan ibadah Umat Islam itu sebagai pura, tempat sembahyang umat Hindu. Bagian muka Masjid Al-Hikmah dihiasi gapura khas Bali penuh ukiran, di antaranya patung naga dan buta kala yang lazim menghiasi pura.

Ornamen dari batu bata dan batu paras menambah indahnya interior masjid. Masjid tersebut sudah berdiri sejak tahun 1976 dan direnovasi dengan penambahan arsitektur 11 tahun lalu.

Pengurus masjid Al-Hikmah, Sofyan mengatakan, bentuk bangunan masjid merupakan simbol persaudaraan umat muslim dengan warga sekitarnya yang mayoritas beragama Hindu.

"Supaya tidak asing dengan lingkungan, membaur, adaptasi, akulturasi atau apa pun namanya," kata Sofyan pengurus Masjid Al Hikmah, kepada tvOne. Saksikan videonya di .

Tak hanya bentuk bangunan, akulturasi budaya juga tercermin dari tradisi umat Muslim di wilayah lain, yakni Kampung Kepaon, Denpasar. Setiap sepuluh hari puasa digelar megibung saat buka puasa.

Megibung merupakan tradisi umat Hindu Bali dalam acara makan bersama. Karena pertautan keragaman yang tak bisa dipisahkan antara umat Hindu dan Muslim di Bali, tradisi ini pun diadopsi dalam buka bersama di Masjid Al-Muhajirin, Kampung Kepaon.

Tradisi ini adalah bentuk syukur atas datangnya Bulan Ramadan. Dalam tradisi megibung ini, setiap warga membawa makanan ke masjid untuk disantap bersama-sama. Tak hanya umat Islam, Umat Hindu pun ikut mengirimkan makanan dan makan bersama.

Resep Marble Cake Anti Gagal Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Buat Sajian Lebaran
Gunung Karangetang keluarkan awan panas

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

PVMBG Kementerian ESDM mencatat 10 kali gempa embusan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, selama periode 16-31 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024