NASIONAL

Sound System Masjid di Indonesia Akan Diatur

Suara pengeras yang buruk dinilai mengganggu.
Selasa, 7 Agustus 2012
Oleh : Aries Setiawan, Nur Eka Sukmawati
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla

VIVAnews - Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (JK) menyatakan, pihaknya akan memperbaiki sound system di masjid-masjid seluruh Indonesia.

Hal ini dilakukan menyusul banyaknya masukan dari berbagai pihak yang terganggu dengan pengeras suara masjid yang buruk.

"Tahun depan uji coba sentralisasi suara tarhim atau pengajian diatur lewat radio tiap kota," ujar JK di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa 7 Agustus 2012.

Menurut JK, yang menjadi masalah bukan pada kerasnya suara azan atau pengajian. Melainkan buruknya sound system pada masjid. Sehingga menimbulkan suara yang mengganggu.

"Sound system diperbaiki, sehingga satu suara lebih teratur. Mencari yang terbaik, syahdu. Percobaan dilakukan di satu kota," kata JK yang juga mantan Wakil Presiden itu.

Selain memperbaiki sound system pada masjid, perbaikan pada fisik masjid juga akan dilakukan. "Supaya lebih khusyuk, perbaiki fisiknya dulu," kata JK.

Usulan perbaikan pada pengeras suara pertama kali disampaikan oleh Wakil Presiden Boediono. Dia meminta agar Dewan Masjid Indonesia membuat aturan mengenai pengeras suara di masjid-masjid.

Boediono menyatakan, masjid sebagai tempat untuk mensyiarkan Islam harus memberi contoh-contoh baik dan memberi citra positif bagi dunia Islam maupun umat Islam Indonesia. Terlebih, Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Baca selengkapnya di sini. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found