Banyak Masalah, PON Riau Diminta Tetap Jalan

Persiapan Riau Sebagai Tuan Rumah PON 2012
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 Riau masih terkendala sejumlah masalah. Salah satunya, penyelesaian pembangunan tujuh venue (tempat pertandingan) cabang olahraga yakni, softball, baseball, panahan, futsal, bolling, biliar dan menembak.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, jika belum selesai juga, maka ketujuh venue itu akan dipindahkan.

"Kami berharap dari tujuh venue itu ada penyelesaian. Tapi kalau tidak, mau tidak mau, pindah. Kami tidak ingin ada resiko bermasalah," kata Agung di kantornya, Kamis 9 Agustus 2012.

Menurut Agung, tujuh venue itu kemungkinan akan dipindah ke Jakarta atau Sumatera Selatan jika memang mendekati hari penyelenggaraan belum selesai. Dia menginginkan, bagaimanapun juga penyelenggaraan PON Riau itu harus tetap berjalan.

Selain persoalan venue yang menjadi kendala penyelenggaraan PON, persoalan dana juga menjadi batu sandungan. Untuk itu, dibentuklah tim "penyelamat" yang terbagi atas dua bagian.

"Tim itu ada dua, tim pengarah ketuanya saya dengan anggotanya Mendagri, Menpora, Jaksa Agung, Kepolisian, DKPP, dan lain-lain. Lalu ada tim teknis yang diketuai oleh Pejabat Eselon I yang sekarang sedang menyisir mana yang bisa diselesaikan tanpa anggaran dan mana yang tidak bisa," jelasnya.

Menurutnya, tim teknis di lapangan masih berkoordinasi dengan tim pengarah. Sehingga, sampai saat ini dia belum mendapat laporan dari tim penyelamat tersebut. "Tunggu sajalah, paling lambat minggu depan hasilnya sudah ada gambaran. Tapi kalau tidak selesai ya harap maklum," ucap Agung.

Sedianya, pergelaran PON dilaksanakan pada September 2012 mendatang di Riau. Persoalan kasus korupsi dana PON senilai Rp4 miliar yang menjerat sejumlah pejabat dan anggota DPRD Riau, menjadi hambatan terbesar kompetisi olahraga nasional empat tahunan itu.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Para anggota DPRD Riau itu diduga meminta "uang lelah" untuk membuat peraturan daerah (perda) guna memuluskan pembangunan stadion. Kasus itu diduga juga turut melibatkan Gubernur Riau, Rusli Zainal.

Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024