Waspada, Jalur Mudik di Cianjur Rawan Langsor

Suasana Jelang Akad Nikah Pernikahan Ibas-Aliya di Istana Cipanas
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVANews - Sejumlah titik perlintasan mudik di Kabupten Cianjur, Jawa Barat, rawan longsor. Pada musim pancaroba sekarang ini, hujan deras bisa datang kapan saja dan kontur tanah yang labil dapat memicu longsor.

Dari catatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ada 12 titik rawan longsong di kawasan Cianjur Selatan, seperti di daerah Cibinong, Camapaka dan Pagelaran.

"Sedangkan untuk wilayah utara berada di kawasan Puncak dan Cipanas," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Cianjur, Atte Adha Kusdinan, Sabtu, 11 Agustus 2012.

Guna mengantisipasi hal itu, Dinas PU Bina Marga telah mensiagakan empat unit alat berat seperti teraktor dan exsafator untuk menangani longsor, agar kawasan itu bisa segara dilintasi lagi.

Jumlah alat berat yang ada belum termasuk armada dam truk pengangkut matril longsoran yang siaga di kantor PU. Longsor memang selalau menjadi masalah utama terutama saat arus mudik. Tingginya jumlah kendaraan yang melintas, menjadi beban jalan.

"Dalam kondisi normal saja longsor sangat mengganggu, terutama sektor perekonomian. Jalur yang tertutup bahkan terputus seringkali membuat antrean kendaraan terjadi hingga beberapa hari. Longsor juga sering mengakibatkan jalan menjadi licin dan rawan kecelakaan, bahkan memakan korban jiwa," ungkapnya.

Selain itu Dinas PU Cianjur juga telah menyiagakan tim yang bekerja selama 24 jam. Setiap ship petugas yang berjaga beranggotakan 12 orang dan diganti setiap delapan jam.

Tim akan bergerak setiap mendapat laporan untuk melakukan tindakan darurat secepatnya. Meraka akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI dan rumah sakit untuk antisipasi korban, bila terjadi kecelakaan.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024