NASIONAL

Hutan Terbakar, Medan Diselimuti Kabut Asap

Hingga Minggu dinihari, asap masih tampak.

ddd
Minggu, 12 Agustus 2012, 06:26 Ita Lismawati F. Malau, Harry Ondo Saragih (Medan)
Kabut asap melanda Sumut, dua hari terakhir
Kabut asap melanda Sumut, dua hari terakhir (ANTARA/Untung Setiawan)

VIVAnews - Kebakaran hutan melanda empat kabupaten di wilayah Sumatera Utara menimbulkan kabut asap yang menyelimuti hampir seluruh wilayah provinsi itu dalam dua hari terahir. Di Sumut kini ada 12 titik api.

Kepada Bidang Data dan Informasi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Polonia Medan, Hendra Suwarta mengatakan kebakaran hutan itu bersumber di 12 titik api. "Tersebar di Kabupaten Asahan, Labuhan Batu, Tapanuli Utara, Toba Samosir (Tobasa)," jelasnya kepada VIVAnews, Sabtu malam 11 Agustus 2012.

Hendra menjelaskan kabut asap sudah terlihat menyelimuti Medan sejak Jumat lalu. Ketebalan asap membuat jarak pandang berkisar 2.500 meter hingga 5000 meter. Namun, pada Sabtu siang hingga sore, jarak pandang bisa sampai 3000 meter hingga 5000. Jarak pandang ini meningkat karena arah angin di wilayah Sumut cenderung mengarah ke Tapanuli Utara dan Tapanuli Tengah.

Selain terjadi di wilayah Sumut, BMKG juga mendeteksi adanya titik api di wilayah Riau, Jambi dan Aceh. Pantauan VIVAnews, sejak Jumat hingga Minggu dini hari 12 Agustus 2012, kabut asap masih terlihat dan mempengaruhi jarak pandang pengendara. Namun, asap ini tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Polonia, Medan.

Hendra juga mengimbau agar warga waspada kabut asap tersebut karena berpotensi menyebabkan infeksi saluran pernapasan. "Kami harap warga menggunakan masker agar lebih aman." (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com